Review: Udemy Course “How to Set Goals and Become Incredible”

Untuk menjadi seorang yang incredible dan juga sukses maka dibutuhkan goals yang harus dicapai. Jika kita tidak memiliki rencana dan gagasan tentang apa yang kita ingin capai untuk menjadi seseorang yang sukses maka kita akan tersesat dan bingung kemana arah yang akan kita tuju.

Sebagai contoh, ketika kita berada dalam ruangan yang gelap, kita harus memiliki tujuan untuk mencari saklar lampu agar lampu di ruangan tersebut menyala dan dapat menerangi segala penjuru ruangan tersebut. Walaupun kita tahu nantinya ketika kita sedang mencari dimana letak saklar lampu tersebut akan ada saja cobaan dan ujian yang akan menghadang seperti tersandung meja, kursi, ataupun menabrak orang lain.

Jika kita tidak memiliki tujuan tersebut maka kita akan terombang ambing tidak jelas, kesana kemari tanpa arah. Apalagi jika kita cuman berdiam diri di tempat maka jelas ruangan tersebut akan selalu gelap dan tidak akan pernah terang.

Dari course ini, saya mendapatkan banyak pelajaran dan insight baru tentang goals atau tujuan dalam hidup ini. Ketika kita tahu apa yang sedang kita tuju maka kita akan melihat tujuan tersebut dan mengambil langkah-langkah agar bisa sampai di tujuan yang mana langkah-langkah yang diambil inilah yang sangat penting sebagai pelajaran dalam hidup.

Ketika kita ingin mencapai kesuksesan luar biasa dalam hidup, kita harus bisa untuk memvisualisasikan bagaimana cara kita bisa mencapai tujuan kita tersebut. SMART merupakan salah satu konsep yang dapat membantu memvisualisasikan goal kita.

Specific atau spesifik, ialah goal terdefinisi dengan baik, jelas, dan tidak ambigu.

Measurable atau dapat diukur, ialah kriteria khusus yang mengukur kemajuan menuju goal tersebut.

Achievable atau dapat digapai, ialah goal yang merupakan sesuatu hal yang mungkin atau tidak mustahil untuk dicapai.

Realistic atau realistis, ialah goal tersebut harus dalam jangkauan atau kemampuan kita dan relevan dengan tujuan hidup kita.

Timely atau tepat waktu, ialah medefinisikan jangka waktu untuk mencapai goal tersebut dengan baik dan jelas, termasuk waktu mulai dan targetnya.

Sekian, terima kasih.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.