Manusia memiliki tiga aspek kecerdasan pada dirinya, yang pertama adalah kecerdasan rasional atau IQ, yang mana kecerdasan ini sudah dimiliki sejak manusia itu lahir dan nilainya akan selalu sama seumur hidup kalian. Kecerdasan ini tentu dimiliki oleh setiap orang karena hal ini berhubungan dengan pemikiran atau suatu tindakan yang kalian lakukan.

Kecerdasan yang kedua adalah kecerdasan emosional atau EQ. Kecerdasan ini berbicara tentang bagaimana manusia itu ‘merasa’ atau belajar memahami emosi – emosi yang timbul di dalam dirinya.

Kecerdasan ini cukup berpengaruh pada keadaan diri manusia, namun sayangnya sejak duduk di bangku sekolah para siswa hanya difokuskan pada kecerdasan IQ saja. Mereka diajarkan bagaimana mendapatkan nilai matematika dan IPA yang bagus, namun mereka tidak paham tentang bagaimana mengatasi emosi yang mulai muncul pada diri mereka, seperti saat sedih, kecewa dsb. Yang ketiga adalah kecerdasan SQ yang berhubungan dengan spiritual.

Pada artikel kali ini kita akan membahas sharing session Find Your Purpose yang telah saya tonton mengenai aspek kecerdasan yang kedua yaitu EQ. Berbicara mengenai EQ tentu tak pernah lepas dari yang namanya emosi. Ya, emosi merupakan energi yang bergerak dalam tubuh kita. Di samping itu energi sendiri tidak bisa mati atau dihilangkan. Begitu pula dengan emosi negatif, kalian tidak bisa menghilangkan emosi tersebut, namun kalian bisa mencoba untuk mengubah atau mengelola emosi itu.

Untuk mengolah emosi negatif kalian bisa melakukan dengan cara mengidentifikasi issue itu sendiri atau bisa juga dengan meditasi, meditasi ini sendiri dapat dibantu dengan metode fast breathing atau bernapas dengan cepat dan screaming atau berteriak.

Dengan metode tersebut kalian bisa menemukan diri kalian yang baru, diri yang sudah mulai berdamai dengan masa lalu, atau mungkin memaafkan orang – orang yang sempat melukai, bahkan mengecewakan dirimu. Tentu hal ini perlu dilakukan secara konsisten bukan hanya satu atau dua kali. Jika kalian telah berhasil untuk mengolah emosi tersebut, kalian bisa melakukan hal yang lebih jauh, salah satunya yaitu tujuan hidup.

Lalu Apa Hubungan Antara Emosi dan Tujuan Hidup?

Emosi negatif yang sudah terolah dengan baik cenderung akan memudahkan kalian  untuk berpikir mengenai tujuan hidup kalian akan seperti apa.

Terdapat salah satu quotes dari Oprah Winfrey yang secara garis besar dapat diartikan, setiap orang memiliki panggilan, tugas kita di dunia sesungguhnya adalah mencari tahu apa sih panggilan jiwa kita, dan untuk apa kita diciptakan.

Kutipan di atas berhubungan dengan bagaimana kalian memperlakukan pekerjaan. Apakah hanya sebatas job agar kalian dapat bertahan hidup seperti memenuhi kebutuhan sandang pangan, atau sebatas career karena kalian ingin mengembangkan skill yang kalian miliki, atau justru yang ketiga adalah calling yang berarti kalian bekerja untuk melayani sesama, entah itu manusia, makhluk hidup lain, bahkan semesta.

Panggilan jiwa yang dimaksud oleh Oprah Winfrey tak lain adalah calling, siapapun manusia yang sudah sampai di tahap itu, berarti mereka paham betul mengenai eksistensi mereka hidup dan diciptakan. Bukan hanya sebatas mencari bekal surga nantinya, namun juga bagaimana mereka dapat memberikan manfaat bagi sesama.  

Dari sana, saya sendiri dapat belajar bahwa emosi negatif yang masih terpendam dalam diri dan tidak pernah terolah, tidak akan pernah membawa kita melangkah maju, kita hanya akan mengulangi pola yang sama. Sedih, marah, luapkan, lalu lupakan. Kita tidak belajar bagaimana sedih itu kita olah menjadi energi yang positif agar tidak lagi terjadi pola seperti itu.

Pelajaran kedua yang dapat saya ambil adalah, setiap manusia yang diciptakan tentu memiliki alasan yang berbeda. Eksistensi manusia di dunia bukan hanya bekerja dan hidup untuk dirinya sendiri, melainkan pula untuk sesamanya. Saat ini saya juga berharap semoga di masa yang akan datang saya bisa mencapai titik itu, titik dimana gaji bukan lagi poin utama dalam bekerja, melainkan untuk melayani manusia, makhluk hidup bahkan semesta.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!