Haloo Kawan , Setiap orang pasti punya pola pikir yang berbeda-beda. Menurut Carol Dweck ada dua tipe orang ditinjau dari cara berpikir ,yaitu growth mindset dan fixed mindset. Namun, Lebih baik jadilah Pribadi yang memiliki Growth Mindset.

Apa sih Growth Mindset itu?

Growth Mindset

Suatu mindset atau pola pikir yang percaya bahwa potensi kecerdasan atau kemampuan seseorang akan terus berkembang, tidak statis. Orang yang mempunyai mindset ini biasanya orang yang tidak mudah menyerah. Selain itu, orang Growth Mindset condong berpikir positif tentang kemampuan mereka dan mampu memperbaiki diri dengan melihat sisi kelemahannya dalam segala hal. Biasanya ketika mengalami kegagalan mereka akan kembali mencoba dan belajar dari kesalahan atas kegagalannya. 

Growth Mindset mengajarkan kepada kita semua bahwa ada potensi kecerdasan yang terus berkembang itu perlu dilatih sedini mungkin. Seperti layaknya otot, maka otak pun perlu dilatih terus menerus agar kita makin terlatih dengan hal-hal buruk dan tidak pernah putus asa atau merasa minder.

Bagaimana sih mengembangkan Growth Mindset?

Aku ada 2 Tips nih:

  • Berikan praise (pujian), compliment (pujian), pada saat anak berhasil melewati tahap perseverance dalam menghadapi saat buruk.
  • Menanamkan pola pikir bahwa kesuksesan dapat dicapai dengan kerja keras.

Semoga bermanfaat kawan dan selalu menjadi pribadi yang lebih baik dari sekarang.

Sumber Data: https://www.kompasiana.com/masykur_ideas/5607ee938023bda218beabd2/growth-mindset-merubah-pola-berpikir-ke-arah-positif dan https://www.kompasiana.com/www.inatanaya.com/5c55a8ce6ddcae609f101aa2/growth-mindset-ketangguhan-mental-kunci-kesuksesan?page=all

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!