https://unsplash.com

Untuk mencapai kesuksesan, seseorang harus menumbuhkan growth mindset dalam dirinya. Begitu tutur penulis buku ‘Mindset’ yaitu Carol Dweck. Dalam penjelasannya, mindset manusia terbagi menjadi dua, yaitu fixed mindset dan growth mindset.

Fixed mindset adalah pola pikir manusia yang menyakini bahwa kemampuan dan kecerdasan yang dimiliki sudah tetap dan tidak bisa berubah. Seseorang dengan mindset ini percaya bahwa pola pikirnya, pendapatnya, dan kemampuannya adalah yang paling benar.

Sementara growth mindset adalah pola pikir manusia yang meyakini bahwa kemampuan dan kecerdasan seseorang masih bisa berubah. Perubahan tersebut membawa seseorang untuk meningkatkan kualitas diri dengan bermacam-macam upaya (effort), pembelajaran, dan kegigihan. Kemampuan dasar yang dimiliki adalah titik awal untuk meningkatkan potensi diri.

Dalam sharing session “Growth Mindset” disampaikan bahwa Tuhan menciptakan segala sesuatu tidak sia-sia. Bahkan seorang anak yang lahir cacat atau tidak sempurna juga memiliki makna dalam hidup. Nilai atau value Ini yang merubah mindset seseorang untuk memandang sisi positif segala hal dan menjadikannya sebagai pelajaran baru.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!