Skip to content

Finding Purpose

Menemukan dan menentukan jalan hidup memang sulit bagi sebagian orang. Semakin bertambah usia, semakin menyadari bahwa dalam hidup ini perlu dijalankan dalam garis yang tepat. Maka mulai dari sekarang, mulailah untuk menemukan tujuan hidupmu dan tetapkan langkah – langkah apa yang bisa mencapai tujuanmu. Salah satunya yaitu bagaimana kita membawa emosi kita menjadi hal yang positif.

Dari sharing session “Finding Your Purpose” oleh kak Bagia Arif dijelaskan tentang emosi sebagai energi dalam sebuah gerakan. Energi inilah yang akan mendorong manusia untuk bekerja. Energi dapat berubah bentuk dan dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Layaknya emosi yang dapat menular kepada orang lain. Ketika dalam lingkungan kerja apabila salah seorang menampakkan emosi negatifnya, maka seorang yang lain akan merasakan emosi tersebut sehingga akan berdampak pada kerja orang tersebut. Oleh karena itu emosi tersebut perlu dikendalikan.

Dalam sharing session tersebut, diajarkan bagaimana melakukan meditasi sederhana dengan fast breathing (bernafas cepat) dan berteriak sebagai ekspresi atas emosi yang dirasakan. Cara tesebut dapat mengembalikan kekuatan sehingga jalan untuk menemukan tujuan hidup menjadi lebih terang. Selain itu, terdapat teori Seven Levels  of Personal Consciousness atau Tujuh Tingkat Kesadaran Pribadi. Teori tersebut menjelaskan fokusan dari setiap tingkatan yaitu survival, relationship, self-esteem, transformation, internal cohesion, making a difference dan service. Tujuh tahap tersebut didefinisikan sebagai kebutuhan yang mendorong manusia agar semakin berkembang dalam kesadaran diri.

Semoga bermanfaat.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Scroll To Top