Halo, bertemu lagi dengan saya di artikel kedua ini. Kali ini saya akan membahas tentang GROWTH MINDSET. Jadi, apa sih sebenarnya GROWTH MINDSET itu? Apa hubungannya sama kelemahan dan kelebihan kita? Silahkan disimak baik-baik ya…

Pernahkah kamu mendengar nama Carol Dweck? Ia adalah seorang profesor yang aktif mengajar di Sanford University, California, Amerika. Ia mengkategorikan 2 tipe orang ditinjau dari cara berpikirnya, yaitu growth mindset dan fixed mindset. Namun, disini saya hanya akan berfokus pada growth mindset.

Growth mindset adalah tipikal orang yang tidak mudah menyerah. Mereka yang berada dalam katagori ini condong berpikir positif tentang kemampuan mereka dan mampu memperbaiki diri dengan melihat sisi kelemahannya dalam segala hal.

Tidak ada satupun manusia yang sempurna, mereka diciptakan dengan kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Apakah kamu sudah mencari tau kelemahanmu? atau bahkan sudah menerimanya dengan lapang dada? Jika iya, maka kamu sudah selangkah menuju growth mindset ini.

Kita tau kelemahanlah yang membuat kita merasa kurang, tidak percaya diri, takut, dan malu. Namun, bukankah kelemahan itu bisa dijadikan sebagai motivasi dan inspirasi untuk melangkah kedepannya?

” Tanpa disadari, justru kelemahan ini yang membuat kita lebih kuat. Bahkan dari yang kita bayangkan. “

Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kita bersyukur atas hal itu. Jika kita bisa berpikir positif atau growth mindset ini, kita mampu menjadikan kelemahan kita menjadi suatu kelebihan. Tak perlu lagi merasa tak percaya diri apalagi sampai putus asa, just keep positive thinking!

Nah, sekian artikel singkat dari saya ini. Semoga dapat menginspirasi kamu. Terimakasih telah berkunjung!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!