Photo by Ben White – unsplash

Bismillah, Alhamdulillah wa sholawatu wassalamu ala rosulilllah, amma ba’du.

Jika kita telah meraih sesuatu, misalnya prestasi yang mungkin bisa kita banggakan, mana yang akan kita yakini ada dalam diri kita? Apakah kita meyakini bahwa hasil-hasil yang kita raih itu adalah karena kita pintar dan berbakat? Atau kita memiliki keyakinan bahwa keberhasilan itu bisa diraih karena kerja keras, latihan dan semangat untuk berkembang? Jika kita memilih opsi yang pertama, “biasanya” kita termasuk orang yang takut menerima resiko. kita akan cenderung percaya kemampuan kita sudah ada sejak lahir. Namun sebaliknya jika kita merupakan type yang kedua, maka kita akan berani bereksplorasi dan belajar hal baru, kita akan percaya bahwa semua yang anda lakukan ini merupakan hasil dari belajar dan latihan.

Untuk mengetahui perbedaan keduanya, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu growth mindset dan lawannya, fixed mindset.

Apa itu growth mindset dan fixed mindset? Sederhananya adalah bagaimana kita memandang kemampuan kita. Jika kita memiliki growth mindset, kita akan melihat kemampuan kita (dalam bidang apa saja) masih bisa berubah dan dikembangkan, bisa naik dan bisa saja turun. Berkembangnya bisa saja melalui kerja keras, latihan, strategi yang bagus, dan belajar. Sementara itu jika kita memliki fixed mindset justru kebalikannya, kita akan cenderung beranggapan bahwa kemampuan itu hasil bawaan dari lahir dan tidak bisa dirubah. Hal ini juga berlaku bagaimana anda melihat kesuksesan orang lain, fixed mindset akan mendorong kita melihat kesuksesan orang lain adalah sebuah hasil dari bakat atau hasil dari kejeniusan mereka saja.

Menurut Carol Dweck, orang dengan growth mindset bisa meraih lebih banyak hal dari orang lain dengan fixed mindset. Mengapa demikian? Karena orang dengan growth mindset tidak terlalu khawatir tentang apakah dia terlihat pintar atau tidak, dan sebagian besar energinya dipakai untuk belajar. Sehingga orang tersebut akan menjadi seorang yang lebih menghargai proses.

Ciri-ciri orang yang memiliki growth mindset :

  1. Anda akan menganggap kegagalan sebagai sebuah kesempatan untuk belajar.
  2. Jika dikritik, anda tidak menganggap kritikan sebagai sebuah serangan, melainkan sarana untuk memperbaiki diri.
  3. Suka mengerjakan pekerjaan yang lebih sulit daripada yang biasanya dikerjakan. Anda akan menganggap itu adalah sebuah tantangan.
  4. Saat anda melihat sebuah tantangan, anda akan melihatnya sebagai kesempatan untuk bereksperimen dalam mencari solusi
  5. Anda tidak terfokus hanya pada hasil, tapi juga kemajuan-kemajuan kecil yang dubuat selama proses mencapai hasil.
  6. Memecahkan masalah dengan kreatif.

Bagaimana caranya untuk bisa memiliki growth minsdset?

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan pengetahuan tentang diri kita sendiri, kita harus mengenali apa kelemahan yang ada dalam diri kita. Memiliki kelemahan itu manusiawi dan semua orang pasti memiliki kelemahan yang berbeda-beda tentunya. Lalu bagaimana agar kita dapat cepat mengenali kelemahan diri? Mintalah feedback, dari teman di kantor misalnya, mintalah mereka untuk memberi tahu apa kelemahan yang ada pada diri kita. Atau bisa juga dengan refleksi diri, dengan memikirkan apa kelemahan yang ada dalam diri kita.

Growth mindset adalah salah satu faktor penting menuju kesuksesan, growth mindset adalah salah satu faktor yang  bisa kita kendalikan, kita bisa belajar bagaimana caranya menjadi orang yang memiliki growth mindset. Sehingga growth mindset akan terus membuat kita menjadi seorang yang berkembang.

Saya selalu percaya bahwa tidak ada kata terlambat dalam belajar, di masa lalu saya merasa masih banyak sekali ilmu-ilmu yang seharusnya bisa saya pelajari lebih dalam namun malah saya tinggalkan. Namun sekarang, dimana saya memiliki banyak sekali waktu, Alhamdulillah saya  diberikan banyak kesempatan untuk belajar ilmu-ilmu yang dulu saya tinggalkan. Sehingga dari pengalaman tersebut saya berusaha mengenali kelemahan dalam diri, dan mengembangkan diri dengan belajar hal-hal dan ilmu yang mendukung perkembangan diri saya sebagai seorang professional.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Abdurrahman Muhammad Isrofi