SERIAL PANDUAN MENULIS DI GAMEPLAY

Mendapatkan Ide Tulisan

Pertama aku ucapkan selamat karena sudah sampai di materi kedua dari Serial Menulis di Gameplay. 👏

Kamu cocok sekali untuk menyelesaikan baca artikel ini ketika lagi bingung buat menentukan atau mencari ide tema untuk bikin tulisan di gameplay.

Dan kalau kamu sebenarnya sudah dapat ide mau nulis apa, artikel ini juga bisa dibaca untuk menambah inspirasi mendapatkan ide-ide lain yang mungkin belum pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Its up to you.


Ide Tulisan dapat Kamu Temukan di Mana Saja

Alasan klise, tapi memang begitu adanya. Kalau kamu Googling pun akan muncul banyak sekali tips yang mengatakan seperti itu.

Paling mudahnya tulislah dari pengalaman yang kamu alami. Seperti kalau kamu sedang bercerita ke orang lain, hanya saja kali ini dalam bentuk tulisan.

Kalau kamu baca artikelku di gameplay, aku selalu memberi sebuah judul rubrik INSIGHT & OUTSIGHT.

Karena kebanyakan dari tulisan yang aku buat di gameplay merupakan pengalaman pribadi. Bagaimana ketika aku sedang membaca sesuatu, menonton sesuatu, mangalami sesuatu, (OUTSIGHT); aku coba melihat ke dalam (INSIGHT). Dan mencoba menemukan korelasinya.

Ketika kamu baca sesuatu terus kamu dapat pemahaman, ketika mengalami sesuatu terus dapat pelajaran. Kamu dapat menceritakannya dalam sebuah tulisan.


Mulailah cerita dari topik yang ringan.

Karena di Gameplay-pun ada Category Hobbies, yang bisa provide ceritamu seputar hobi yang sedang kamu lakukan.

Yang namanya hobi pastinya kamu akan senang melakukannya dan menceritakannya. Hobi jalan-jalan, hobi makan, menjaga kecantikan dan kebugaran, sampai hobi bercocok tanam.

#CeritaAjaDulu

Ide tulisan

Kalo masih belum dapat inspirasi buat ide tulisan yang akan kamu buat, ini aku coba pinjam beberapa kutipan dari buku "Buku Catatan untuk Calon Penulis".

Aku harap setelah dapat ide, kamu langsung action untuk mulai bikin konsep yang akan dikembangkan. Dengan mengikuti artikel berikut ini:

Mengembangkan konsep tulisan

Sudah dapat ide tapi kesulitan mengembangkannya? Ok, sini masuk!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!