SERIAL PANDUAN MENULIS DI GAMEPLAY

Mengembangkan Konsep Tulisan

Setelah sebelumnya kita bahas mindset dan konsepnya, saat ini kita mulai masuk ke dalam sisi teknis untuk serial Menulis di Gameplay.

Yang sebenernya kalo kalian cari sendiri di Google, pasti akan ketemu banyak sekali tips menulis. Tapi lagi-lagi ini adalah cara yang biasa aku lakukan.


4-hal yang perlu diingat

Sebagai formula ketika teman-teman pertama kali membuat tulisan. Yang mana tipsnya aku dapatkan dari salah satu podcast di Inspigo dengan judul track “Menulis sebagai pembentuk kerangka berpikir” dalam Playlist "Analytical & Critical Thinking Skills" oleh @afutami.


1. Buat Versi Satu Kalimat

Yang pertama adalah membuat versi satu kalimat dari yang akan kamu tulis. Pada materi sebelumnya, aku sempat menuliskan bahwa ide bisa jadi dari pengalaman kamu sendiri atau sesuatu yang sedang kamu pikirkan.

Nah, mulailah dari situ.

2. Kumpulkan Puzzle

Setelah tahu poin utama yang ingin kamu sampaikan dalam cerita tersebut. Kemudian akan muncul yang aku sebut Puzzle, atau bagian-bagian penting sebagai rangkaian dari cerita yang akan kamu sampaikan.

Kamu bisa menuliskannya dalam bentuk bullet point.

3. Rangkai Puzzle

Setelah itu kamu bisa mulai lihat kerangka tulisanmu, secara garis besar. Kamu bisa atur lagi urutan-urutannya secara logis. Kemudian dari poin-poin tersebut bisa kamu kembangkan menjadi beberapa paragraf yang utuh.

4. "Kill it"

☕ Untuk awal ini hasilnya pasti gak karuan.

Yang bisa kalian lakukan adalah memaafkannya terlebih dahulu, kalau merasa tulisan yang baru kamu buat belum memuaskan. Coba tahan dulu, jangan keburu dihapus.

Kamu bisa istirahat sejenak untuk kemudian melanjutkannya kembali. Ketika kamu baca ulang biasanya kamu akan nemu versi yang lebih baik, untuk membenahi tulisanmu.


Satu tips lagi

Yang biasanya aku pakai dalam tulisanku. Bayangkan jika tulisan ini adalah sebuah hidangan.

  • Hidangan pembuka
    Pada hidangan pembuka biasa isi tulisannya aku mulai jelaskan fenomena, atau fakta yang ada.
  • Hidangan utama
    Kemudian dilanjutkan di main course berupa isi yang sesungguhnya yang ingin disampaikan artikel ku.
  • Hidangan penutup.
    Yang terakhir, pencuci mulut. Di sini biasanya berupa simpulan dari artikel. Karena aku lebih sering menulis tentang pengembangan diri, penutup biasanya berupa Call to Action untuk ngasih feedback.

Sekarang buat satu kalimat, tentang apa yang ingin kamu ceritakan. Dan mulai kembangkan!

Agar kamu bisa fokus menulis, buat draf tulisanmu menggunakan text editor semisal Google Docs, atau aplikasi pencatatan yang lain. Nah, setelah kamu sudah punya draf tulisan yang bisa disubmit.

Pada panduan berikutnya kamu akan belajar bagaimana cara membuat postingan baru di gameplay.

Setup awal membuat artikel dengan builder

Tulisanmu siap dipublikasikan di Gameplay? Lanjut ke sini!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!