Illustration by fullvector – freepik

Bismillah, Alhamdulillah wa sholawatu wassalamu ala rosulilllah, amma ba’du.

Bagi sebagian pengguna smartphone tentu pernah merasakan pengalaman saat memory internal pada gadgetnya penuh, sehingga mempengaruhi performa dari smartphone tersebut. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips tentang cara merapikan file pada smartphone menggunakan metode konmari.

Metode konmari merupakan sebuah gaya hidup dan cara berpikir yang mendorong seseorang untuk menghargai hal-hal kecil sehingga mendatangkan kebahagiaan dalam hidup. Dalam penggunaan smartphone sehari-hari, metode konmari ini dapat digunakan untuk merapikan file-file yang dibutuhkan dan memilah file-file yang sudah tidak dibutuhkan agar membuat kinerja smartphone lebih stabil dan memudahkan saya untuk menemukan file yang saya butuhkan dengan cepat.

Sebelum menggunakan metode konmari, biasanya internal smartphone yang telah terisi penuh terdiri dari berbagai macam jenis file yang isinya tidak beraturan dan terkadang merupakan file-file yang sama(duplikasi). Untuk itu pada langkah awal ini saya menggunakan aplikasi file by google untuk menemukan file-file yang sama(duplikasi) dan file serta aplikasi yang sudah tidak pernah saya gunakan. Sehingga saya hanya akan menyimpan file yang masih saya butuhkan dan menghapus file duplikasi serta file yang sudah tidak saya butuhkan. Dalam memilah file ini saya menggunakan beberapa kriteria yang telah diajarkan, yaitu:

  1. Functional, apakah file tersebut masih berfungsi untuk saya? Semisal aplikasi-aplikasi tertentu yang masih saya pakai dan sudah tidak saya pakai
  2. Informational, apakah file tersebut masih memberikan informasi yang saya butuhkan? Semisal ebook mana saja yang masih saya butuhkan dan sudah tidak saya butuhkan.
  3. Sentimental, apakah file tersebut memiliki kenangan pribadi? Semisal file-file gambar pada momen-momen tertentu.
  4. Rarity, seberapa sulit mendapatkan file tersebut? Semisal file-file seperti e-certificate dan lainnya.
Gambar pengelolaan file dari aplikasi files by google

Setelah membersihkan file duplikasi dan menghapus file yang sudah tidak saya butuhkan, langkah selanjutnya dengan membuat folder-folder pada google drive sesuai kategori file yang saya miliki.

  • File yang berkaitan dengan pekerjaan, saya masukkan ke dalam folder works.
  • File yang bertipe gambar pribadi, saya masukkan ke dalam folder images.
  • File buku-buku bahan bacaan saya masukkan ke dalam folder ebooks.
Gambar pengelompokan file berdasarkan kategori di google drive

Dengan menerapkan metode ini, ruang penyimpanan di smartphone akan menjadi lebih lega dan membuat pekerjaan saya menjadi lebih efektif. Jika saya ingin mencari file yang berhubungan dengan pekerjaan, saya dapat langsung membukanya pada google drive dan menuju folder yang sudah saya susun dengan rapi. Begitu pula di masa mendatang, ketika saya memiliki file baru yang ingin saya simpan, saya tinggal menempatkannya pada folder yang telah saya susun sesuai dengan kategori file yang ada pada google drive.

Sekian sharing pengalaman singkat saya setelah mempelajari metode konmari. Semoga bermanfaat. (Abdurrahman)

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Abdurrahman Muhammad Isrofi