sumber gambar : unsplash.com

Di masa pandemi seperti ini mengharuskan kita semua untuk melakukan aktivitas dari rumah. Salah satunya yaitu bekerja atau Work From Home. Tak dapat dipungkiri memang jika gangguan bekerja dari rumah sangat luar biasa. Seperti aktivitas tetangga sebelah atau bahkan anggota keluarga  itu sendiri yang dapat menimbulkan kebisingan dan rasa tidak nyaman saat bekerja.

Oleh karena itu, kita perlu tips agar WFH kita dapat berjalan dengan baik. Lalu bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan memiliki tempat bekerja yang nyaman. Yang paling utama adalah hindari bekerja di atas kasur atau di kamar, karena faktanya hal ini dapat mengurangi produktivitas kalian dalam bekerja.

Lalu seperti apa sih, tempat kerja yang nyaman itu, yang dapat memberikan suasana seakan seperti di kantor?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menata tempat kerja yang nyaman. Mungkin dari kalian ada yang suka mengoleksi banyak barang, entah barang tersebut masih berguna atau tidak terkadang kalian merasa ‘sayang’ jika dibuang atau disingkirkan dan akhirnya barang tersebut  berujung terabaikan. Pernahkah kalian sadar bahwa hal itu akan membawa pengaruh buruk kepada kalian sendiri? Ya, terdistraksi.

Mungkin sebagian dari kalian ada yang mengalami distraksi oleh barang. Bagaimana maksudnya dan apa efeknya? Distraksi barang dapat dikatakan sebagai rasa terganggu oleh barang – barang yang ada di sekitar kalian, mengapa?

Mungkin karena barang yang ada di sekitar terlalu banyak jumlahnya. Lantas apa efeknya bagi kalian? Menyimpan banyak barang cenderung akan mengurangi produkivitas akan suatu pekerjaan. Misalnya saat bekerja kalian akan merasa terganggu jika terdapat barang yang tidak penting di atas meja kerja kalian.

Setelah saya menonton Sharing Session mengenai Metode Konmari , kalian dapat menggunakan metode tersebut untuk mengatasi hal di atas tadi. Apa itu Konmari? Konmari merupakan salah satu metode pendekatan yang berasal dari Jepang yang bertujuan untuk menyortir barang di sekitar kalian berdasarkan kategori yang kalian tentukan sendiri.

Dalam metode ini kalian diajarkan untuk membuang barang yang tidak lagi memiliki value di dalamnya, dan sebaliknya pilihlah barang yang sekiranya memiliki value dan manfaat bagi diri kalian.

Metode Konmari ini tentunya sangat cocok diterapkan untuk menciptakan lingkungan kerja atau meja kerja yang nyaman. Berikut penerapan metode Konmari pada meja kerja saya.

Sebelum

Gambar di atas merupakan kondisi meja kerja saya dan sebelum menerapkan metode Konmari. Dapat dilihat di sana terdapat beberapa toples makanan dan buku yang bertumpuk.

Sesudah

Setelah menerapkan metode ini, saya mencoba untuk menyingkirkan toples – toples makanan, yang seharusnya memang tempatnya tidak di situ, saya hanya menyisakan 2 buah buku, mouse, earphone, laptop dan botol minum karena bagaimanapun juga kita tidak boleh sampai dehidrasi.

Metode Konmari ini dapat diterapkan di berbagai hal, seperti memilih baju yang sudah tidak dipakai, membereskan rumah dari barang – barang yang sudah usang, dsb.

Bagaimana, terlihat mudah dipraktekan dan lebih enak dipandang bukan? Kenyamanan saat bekerja merupakan poin utama yang harus kalian lakukan. Tempat kerja yang nyaman akan membuat kita lebih semangat dalam bekerja.

Demikianlah penerapan metode Konmari untuk meja kerja yang nyaman selama Work From Home.

Bila dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke sesama ya!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!