Salah satu ciri yang membedakan antara manusia dengan makhluk lain adalah akal. Akal inilah yang nantinya digunakan untuk berpikir. Berbicara mengenai berpikir pasti akan berhubungan dengan pengetahuan atau wawasan yang kalian miliki. Seseorang dapat diukur sejauh mana kualitas dirinya, salah satunya dengan mind tersebut.

Di samping itu, belajar merupakan salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan pengetahuan yang kalian miliki. Perlu kalian catat bahwa yang paling penting dalam belajar bukanlah banyaknya materi yang kalian pelajari, melainkan bagaimana kalian paham dengan materi tersebut. Pemahaman inilah yang berkaitan dengan proses berpikir.

Faktanya, tak sedikit dari orang dewasa mengalami keterlambatan dalam proses perkembangan pikirannya. Maka jangan heran apabila banyak orang yang tidak bertanggungjawab terhadap pekerjaannya, itu artinya mereka belum dewasa.

Untuk mengerti bagaimana keadaan kedewasaan kalian, maka kalian perlu ‘berbicara’ pada diri sendiri yang berkaitan dengan akal.

Lalu Apa Saja Yang Perlu Ditanyakan Pada Diri Kalian Sendiri?

growth-mindset
sumber gambar : freepik.com

Setelah saya menonton sharing session mengenai topik Growth Mindset. Untuk mengetahui jati diri kalian, kalian perlu menegaskan beberapa hal, diantaranya adalah identitas, status, visi dan misi yang kalian terapkan dalam hidup, bakat yang kalian miliki, dan terakhir adalah keinginan atau cita – cita yang ingin kalian capai.

Hal – hal itulah yang akan membantu pola pikir kalian mulai berkembang. Selain mengenal diri kalian sendiri, kalian pun perlu mengenali sebenarnya apa sih masalah yang sedang dialami kalian. Nah, kalian dapat mengenalinya dengan melihat beberapa hal diantaranya adalah karakter kalian, kebiasaan buruk yang berkaitan dengan mind, lingkungan tempat kalian tinggal atau bekerja, keluarga, teman, dan yang terakhir adalah pekerjaan. Mungkin masalah yang kalian miliki berasal dari satu atau dua hal yang sudah disebutkan di atas.

Setelah kalian bisa memahami diri kalian sendiri, selanjutnya kalian bisa mulai untuk mengembangkan pola pikir atau mindset. Pola pikir dibagi menjadi dua.

  • Fixed Mindset

Orang yang memiliki pola pikir ini cenderung kaku, stagnan dan tidak mau berkembang. Mereka cenderung tidak mau menerima perubahan yang terjadi di lingkungan mereka.

  • Growth Mindset

Sedangkan Growth Mindset merupakan kebalikannya. Mereka tergolong orang yang dinamis dan bisa mengikuti perkembangan jaman. Mereka sangat terbuka terhadap informasi atau hal baru yang muncul di lingkungan sekitar.

Orang – orang seperti inilah yang dibutuhkan saat ini. Terlebih jika kalian bekerja di bidang teknologi. Pola pikir ini sangat diperlukan mengingat teknologi akan terus mengalami perkembangan. Dengan Growth Mindset tersebut kalian bisa mendapatkan.

1.Self Change

Dengan menerapkan pola pikir ini, kalian akan mengalami perubahan dalam diri. Dan tentunya perubahan ke arah yang lebih baik, misalnya kalian tidak lagi memandang suatu masalah hanya dari satu sudut pandang saja.

2.Self Confidence

Yang terakhir adalah kepercayaan diri, orang yang memiliki pola pikir ini cenderung memiliki rasa percaya diri yang kuat.

Waktunya Untuk Berubah

Setelah tau seberapa penting Growth Mindset tersebut, maka sekarang adalah saatnya kalian untuk mulai berubah. Hal yang dapat kalian lakukan untuk menuju Growth Mindset.

  • Focus, fokuslah pada hal yang kalian suka dan mampu kalian tekuni.
  • Learning by Doing, kalian dapat belajar suatu hal sembari melakukan hal tersebut. Karena jika tidak dipaksa, maka kalian tidak akan pernah tahu kapan kalian berani memulai.
  • Learn From Great People

Kalian juga dapat belajar dari orang – orang hebat yang ada di sekitar. Kalian dapat mengikuti belajar dari pengalaman atau perjalanan mereka sampai bisa sampai di titik sekarang.

  • Be Creative

Jadilah orang yang kreatif, unik atau berbeda dari yang lain.

  • Be Yourself and Be Happy

Jangan ragu untuk menjadi diri sendiri dan bahagiakan hidupmu. Kalian harus tahu kapan waktu untuk bekerja dan bersantai.

Orang yang mau merubah dirinya adalah orang yang mau berkembang, nantinya kalian pasti akan menjadi seseorang yang kalian inginkan. Dan sebaliknya, jika kalian malas untuk merubah diri maka selamanya pula kalian akan tetap seperti itu.

Pengalaman Pribadi

Di sini saya akan sedikit bercerita mengenai salah satu pengalaman saya yang masih berkaitan dengan topik kita sekarang. Bulan September lalu saya mencoba untuk apply internship di beberapa perusahaan. Waktu itu saya melihat poster internship milik Jagoan Hosting di Linkedin, posisinya pun beragam dan saat itu saya memilih Technical Writer. Singkat cerita setelah mengirim beberapa dokumen untuk apply, pertengahan oktober saya mendapat email bahwa untuk saat ini saya belum bisa bergabung magang dengan perusahaan tersebut. Dan saya pun tidak terlalu memikirkan lebih jauh, mungkin memang belum saatnya. Namun, tak disangka pada akhir November lalu saya mendapat email lagi yang berisikan tawaran untuk magang di bulan Desember, fyi Jagoan Hosting ini membuka lowongan magang setiap 3 bulan sekali ya teman – teman.

Setelah mengikuti serangkaian proses recruitment, akhirnya saya diterima menjadi peserta internship Technical Writer di Jagoan Hosting.

Lalu apa pelajaran yang bisa diambil dari kejadian tersebut? Tidak apa mengalami kegagalan. Mungkin di proses pertama saya gagal menjadi peserta internship di sana, namun siapa sangka Tuhan sedang menyiapkan waktu lain untuk kesempatan tersebut, dan akhirnya seperti sekarang.

Di setiap kegagalan yang kamu alami, pasti dibalik itu terdapat pelajaran. Mungkin Tuhan ingin melihatmu tidak putus semangat dan lebih keras lagi dalam berjuang. Yap, tetap berpikir positif saat kamu berada di situasi apapun. Pemikiran ini akan membuatmu lebih  berkembang nantinya dan membantu kalian sedikit demi sedikit mengembangkan Growth Mindset.

“Manusia itu bergantung pada apa yang mereka prasangkakan pada Tuhannya. Jika hari ini kalian berprasangka buruk, maka itulah yang terjadi dan begitupula sebaliknya.”

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!