Skip to content

Sering gonta-ganti earphone? Ini cara merawatnya!

Hai, bertemu lagi dengan saya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang cara merawat earphone. Benda satu ini sudah menjadi “teman” baik kita saat mendengarkan musik, bukan? Untuk saya, earphone saya gunakan setiap hari untuk menunjang produktivitas. Namun, menurut pengalaman saya earphone ini rentan sekali rusak. Entah, kabelnya putus atau suara yang tidak muncul. Hal ini mengakibatkan saya seringkali membeli earphone baru karena rusak. Bagi kamu yang sering gonta-ganti earphone, silahkan disimak tips-tips berikut!

Lipat kabel dengan rapi

Jangan melipatnya dengan asal. Usahakan melipatnya tidak sampai memiliki sudut 90 derajat. Tekukan yang terlalu tajam akan memutus kabel bagian dalam. Jika perlu, gunakan klip atau apapun yang sekiranya bisa mengikat kabel tersebut.

2. Tarik stekernya, bukan kabelnya

Ketika akan melepas kabel headphone dari ponselmu atau lainnya, jangan pernah sekalipun menarik kabel untuk melepasnya. Itu akan sangat merusak karena adanya beban tambahan. Tariklah di bagian steker.

3. Taruh di tempat yang aman

Ada risiko bagi headphone-mu untuk terinjak ataupun kedudukan. Letakkan di tempat-tempat yang sekiranya aman, khususnya earphone yang kecil karena itu sering tidak kelihatan dan lebih mudah rusak.

4. Tidak menggunakan earphone ketika tidur

Usahakan untuk tidak menggunakannya. Posisi tidurmu dapat berubah sewaktu-waktu dan itu dapat menarik kabel, hingga membuatnya rusak. Baiknya ketika kamu benar-benar ingin membutuhkan lagu agar tertidur, gunakan speaker, entah itu eksternal atau speaker aktif.

5. Jaga volume agar tidak terlalu keras

Selain merusak kesehatan telinga, volume terlalu keras dari headphone juga dapat merusak headphone itu sendiri. Selalu gunakan dengan posisi volume sedang, jika tidak mau segera rusak.

6. Hindari meletakkannya di bagian bawah di dalam saku

Meletakannya pada tempat tersebut memiliki risiko untuk tertindih barang berat lainnya. Hal ini dapat memberikan kerusakan fisik, baik pada kabel ataupun headphone itu sendiri. Jika memang mau membawanya di situ, pastikan tidak ada barang lain yang akan menindihnya atau paling tidak berikan terlebih dahulu kotak yang sekiranya kuat dan aman.

7. Jangan gunakan earphone ketika gadget bersuhu tinggi

Kemarin saya coba konsultasi kepada si penjual earphone, ternyata kita tidak boleh menggunakan earphone ketika gadget dalam kondisi panas. Hal ini akan merusak kabel earphone kita.

Nah, gimana guys? Itu tadi sedikit tips untuk merawat earphone kita agar tak cepat rusak. Semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Scroll To Top