Setting Goals Secara Efektif

Manusia hidup di dunia tentu punya tujuan yang ingin mereka capai masing-masing. Si A mau jadi programmer. Si B mau jadi dosen, dan masih banyak contoh lainnya. Nah, kira-kira tau nggak sih kalian, cara untuk mencapai tujuan tuh gimana?

Oh iya, pernah denger nggak, ada orang yang pernah bilang, “Ya udah lah. Let go with the flow. Pasrah sama angin aja.” Kita nggak pernah tahu kemana angin membawa kita kan? Ya kalo di bawa ke tempat yang bagus sih nggak masalah. Kalo ke tempat yang jelek?

https://pixabay.com/id/vectors/bisnis-target-meraih-bergerak-6827797/

Jadi gimana sih biar kita bisa set goals secara efektif? Di Udemy sendiri ada course mengenai How to Set Goals. Dijelaskan ada 5 indikator atau langkah yang bisa kita lakukan untuk set goals. Apa aja ya?

  1. Spesific – Dalam mencapai tujuan, kita harus spesifik dalam menentukan mana sih tujuan utama yang benar-benar diinginkan. Jangan plin-plan. Nanti nggak bisa sampai tempat.
  2. Measurable – Dalam mengatur tujuan, kita tentu tidak boleh lupa bahwa semua harus terukur. Jangan sampai jadi pungguk merindukan bulan.
  3. Achievable – Goals disetting untuk dapat dicapai kan? Boleh-boleh aja sih mau mencapai sesuatu yang menantang, tapi kita juga harus yakin bahwa tujuan itu kelak nggak hanya jadi mimpi, tapi dirancang untuk terjadi.
  4. Realistic – Realistis yang dimaksud di sini adalah bisa mengatur timeline, kapan kira-kira tujuan kita akan tercapai. Tentunya semua kembali lagi ke kemampuan kita masing-masing ya.
  5. Time Sensitive – 4 hal di atas tidak akan berguna, kalau kita tidak bisa menata waktu. Boleh-boleh saja punya mimpi, asalkan bisa menata waktu kapan melakukan A, kapan melakukan B, dan bagaimana tujuan kita tetap tercapai sesuai timeline yang diharapkan.

Itu tadi kira-kira 5 langkah yang bisa kita lakukan untuk set goals. Yang sudah kamu lakukan yang mana nih kira-kira?

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.