Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Sharing Session “Berbenah Menentukan Arah”

9 November 2018 @ 14:30 - 17:00

GRATIS

SEKILAS TENTANG METODE KONMARI

 

Apa itu Metode Konmari?

Metode Konmari berasal dari nama penemunya yakni Marie Kondo, seorang wanita muda asal Jepang yang telah mendedikasikan dirinya sejak kecil untuk senantiasa menjaga kerapihan barang-barang dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Melalui buku populer yang ditulisnya, “The Life Changing Magic of Tidying Up”, Marie Kondo berhasil menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia. Kini bukunya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan berhasil membuat sebuah trend unik dalam penataan barang-barang.

Apa uniknya? Yakni semua barang dengan kategori tertentu harus dikumpulkan menjadi satu di satu area (tempat). Dengan begitu, kita akan tahu berapa banyak jumlah barang yang ada di rumah kita yang seringkali tidak disadari, betapa selama ini kita telah menimbun banyak barang.  Selain itu, uniknya lagi adalah dalam menyortir barang-barang, kita juga harus menyentuh barang tersebut satu persatu. One by one, merasakan setiap barang yang kita miliki, apakah barang tersebut memancarkan kebahagiaan atau tidak.

Dan inti dari kesemuanya adalah, sesuai dengan judul bukunya, metode ini akan mampu mengubah hidup kita secara dramatis, jika kita melakukannya dengan benar. Berbenah dengan Metode Konmari akan mampu mengubah mindset kita yang selama ini telah keliru.

 

Apa saja tahapan Metode Konmari?

Secara umum, setelah menentukan tujuan dan menuliskan gaya hidup ideal kita, maka kita akan masuk ke dalam pemilihan barang-barang “spark joy” yang ingin kita simpan. Kategorinya sebagai berikut:

  1. Clothing (Atasan, Bawahan, Dress, Piyama, Jaket, Tas, Ikat Pinggang, Kerudung/Jilbab, Sepatu, Topi, Sarung Tangan, Kaos Kaki, Underwear, Perhiasan, Kostum Khusus, Baju Renang, dll)
  2. Books (Buku Resep, Buku Umum, Buku Anak, Majalah, Buku Referensi, dll)
  3. Papers (Kupon, Dokumen Penting, Artikel, Struk, Tiket, Kartu Garansi, Nota Pembelian, Kartu Nama, Catatan, dll)
  4. Komono (General, Kids, Office, Cleaning, Kitchen, Decor, Bathroom, Garage)
  5. Memento (Benda sentimental, misalnya Album Foto, Kenang-kenangan, dan barang lain yang bersifat sentimental)

 

Penutup

Dengan mengikuti sharing session ini, diharapkan para peserta mampu menerapkan metode Konmari dengan benar. Dan setelah mencobanya di kantor maupun di rumah, semoga peserta semakin termotivasi untuk berbenah dengan benar,  sehingga membantu menentukan arah langkah demi masa depan yang lebih baik.

Poster EduCenter (2)

Details

Date:
9 November 2018
Time:
14:30 - 17:00
Cost:
GRATIS
Event Category:

Venue

Lanatai 2 Kantor Beon Intermedia
MT. Haryono Street
Malang, East Java 65175 Indonesia
Phone:
87754559115
Website:
Gameplay.beon.co.id/

Organizer

Angel’s Beon