Tipe Kepribadian di Tempat Kerja

Banyak dari kita kesulitan dalam menentukan apa yang kita mau dan kita butuhkan karena belum terlalu mengenal akan diri sendiri termasuk saya. Masih banyak hal-hal yang harus saya gali dan latih.

Melalui course Personality Types at Work yang telah saya lalui, saya mendapatkan insight bahwa memang benar terdapat berbagai tipe karakteristik atau personality, namun jangan sampai kita merasa bahwa personality kita merupakan hal yang salah.

Penting untuk kita mengetahui personality seperti apakah kita sehingga Ketika kita menghadapi masalah bisa lebih mengontrol emosi dan mempermudah segala urusan kita. Oleh karena itu course ini sangat membantu sekali.

Keuntungan lain apabila kita mengenal personality adalah dapat berkomunikasi secara efektif sehingga meningkatkan kepercayaan, meningkatkan kecepatan dalam melakukan sesuatu. Dan yang terpenting kepribadian memudahkan kita dalam mencari pekerjaan yang sesuai.

Saat ini, banyak sekali perusahaan atau departemen SDM menggunakan tes personality untuk mencari kandidat yang sesuai dengan posisi di perusahaan tersebut.

Tipe ekstrovert belajar dengan berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain secara langsung atau fisik. Sedangkan tipe introvert lebih merasa tenang dalam keadaan privasi dan dengan intuisi.

Tipe pemikir membutuhkan prinsip logis yang dapat dibenarkan secara objektif, mereka menggunakan nalar. Sedangkan tipe perasaan lebih melihat pada alasan atau penyebabnya.

Berikut terdapat 3 test yang bisa diikuti untuk kita yang ingin mengerti lebih lanjut tentang personality kita :

  1.  Tes Burung: http://richardstep.com/dope-personality-type-quiz/
  2. Myers-Briggs: http://www.humanmetrics.com/cgi-win/jtypes2.asp
  3. Besar 5: http://personality-testing.info/tests/IPIP-BFFM/

Semoga membantu 🙂

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.