Bicara tentang tujuan hidup, apa sih sebenarnya tujuan hidup itu? Kawan-kawan pasti menjawab, tujuan hidup adalah apa yang ingin dicapai. Jika kita ditanya “Tujuan hidup kalian apa?” Pasti ada yang menjawab tujuan hidup saya membahagiakan orang tua , mencapai kesuksesan, menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, dll. Tidak ada yang salah dengan jawaban tersebut. Namun, pernahkah kalian berpikir yang lebih spesifik, Apakah dengan kepintaran saja kita bisa sukses? Siapa sih yang memberikan kesuksesan? Atau usaha apa sih yang bisa buat kita sukses? Untuk siapa sih kesuksesan saya? Sebenarnya mudah menemukan tujuan hidup kita sebagai manusia. Ada 7 hal yang harus ada dalam Tujuan hidup kita

Ibadah

Tujuan utama di hidup ini adalah ibadah. Kita hidup di dunia ini hanya numpang lewat, mencari bekal untuk kehidupan yang lebih abadi. Tak lengkap rasanya kita mengejar dunia tapi tak berterimakasih kepada Sang pencipta. Tak akan sempurna apa yang kita kerjakan tanpa melakukan ibadah.

Belajar

Tidak ada kata untuk berhenti belajar. Belajar harus terus dilakukan karena ilmu pengetahuan akan terus berkembang. Tuhan tidak suka orang yang malas menuntut ilmu. Ilmu apapun itu penting untuk kehidupan kita. Tidak hanya ilmu duniawi saja tapi ilmu agama juga.

Bekerja

Tak hanya beribadah dan belajar, tetapi kita harus bekerja mengamalkan ilmu kita. Selain itu, Tuhan sangat tidak menyukai orang yang tidak bekerja dan bermalas-malasan. Kita ingin sukses ya harus bekerja dengan sungguh-sungguh.

Keluarga

Bekerja dan belajar memang penting, tetapi luangkanlah untuk keluarga. Untuk siapa kita bekerja? Untuk keluarga. Untuk membahagiakan mereka. Mereka tidak akan bahagia hanya dengan harta yang kamu miliki. Jadi, jangan lupa untuk berkumpul bersama keluarga.

Bermasyarakat

Kita harus bersosialisasi juga, jadikan ini sebagai tujuan hidup. Kenapa? Karena kita sebagai makhluk social pasti akan saling membutuhkan. Coba bayangkan, mungkin kita di kantor sebagai orang terpandang namun belum tentu kita dilingkungan lain juga akan dipandang. Jadi, jangan jadi antisosial ya…

Kesehatan/olahraga

Kita juga harus mempunyai tujuan memiliki hidup yang sehat karena dengan badan yang sehat kita dapat melakuakn kegiatan dengan baik. Selain itu unutk apa kita bisa mencapai kesuksesan, harta banyak, hidup enak tetapi badan sakit-sakitan. Jangan lupa olahraga ya kawan…

Istirahat

Dan yang terakhir adalah istirahat. Kita tidak dapat melakukan sesuatu dengan optimal jika kita tidak beristirahat dengan cukup. Keadaan tubuh yang lelah akan mempengaruhi pekerjaan yang kita lakukan. Oleh karena itu Jadikan istirahat sebagai salah satu tujuan hidupmu.

Lakukan tujuh hal diatas dengan seimbang dan jangan berlebihan karena sesuatu yang berlebihan tidak akan menghasilkan kebaikan.

Semoga bermanfaat kawan dan Semangat menggapai tujuanmu…

Sumber: https://www.kompasiana.com/taura/58293f3cf09273ff0e6df841/7-tujuan-hidup-yakin-sudah-tahu?page=all

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!