Ada Konmari di Rak Bukuku !!!

by Kevin Felix - Vitance

Sumber : unsplash.com

Suatu saat, saya pernah mendengar kata "Konmari", tetapi pada saat itu ,saya menghiraukannya. Waktu pun mulai berlalu dan saya mulai melupakannya. Setelah saya menonton Sharing Session mengenai Konmari, saya langsung teringat akan kata "Konmari", yang pernah saya lupakan sebelumnya.

Saya menyimpulkan, kalau Konmari merupakan gaya hidup atau metode untuk menata suatu objek agar terlihat rapi, sehingga menghadirkan kebahagiaan dan kenyamanan hidup. Konmari sendiri, diajarkan oleh seorang wanita yang berasal Jepang bernama Marie Kondo.

Hari ini, merupakan edisi pertama saya untuk menerapkan salah satu gaya hidup yang saya anggap penting dan berguna, dengan salah satu sahabat saya yang berada dirumah, yaitu rak buku saya. Sobat dapat mengikuti beberapa langkah - langkah dibawah ini yang menurut saya sesuai.

Langkah - Langkah

  • Pertama, rencanakan dulu  penempatan buku di rak buku sobat sesuai kategori bukunya untuk jangka panjangnya. Dalam hal ini, sobat harus benar - benar bisa merencakan hal tersebut . Mengapa ? Karena jika sobat hanya menata dan tidak berpikir jangka panjangnya, maka ketika sobat mendapatkan tambahan buku lagi dengan berbeda kategori, sobat pasti akan menata ulangnya kembali atau langsung meletakannya di sembarang tempat lalu menatanya dikemudian hari.
  • Kedua, keluarkan semua buku dari rak bukunya sobat.

  • Ketiga, seleksi setiap buku yang sobat butuhkan dan dianggap penting sesuai dengan kategori bukunya dan untuk buku yang sobat tidak butuhkan, sobat bisa merombengkannya (meloakkannya) kepada tukang loak atau memberikannya kepada orang lain yang membutuhkannya. Buku dianggap penting dan dibutuhkan berdasarkan 4 value, yaitu Functional, Informational, Sentimental, dan Rarity yang dimiliki pada buku sobat.

  • Setelah selesai diseleksi, masukan buku tersebut ke dalam rak buku sobat sesuai dengan penempatan buku yang telah sobat rencanakan sebelumnya.

Akhirnya, selesai sudah konmari saya untuk yang satu ini. Berkat gaya hidup yang satu ini, rak buku saya dapat lebih rapi dan yang ada hanyalah buku - buku yang saya butuhkan saja dan yang saya anggap penting. Terima kasih karena telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk memberi komentar sobat mengenai artikel ini.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!