Apakah kamu Malas ber-Olahraga?

-Slow Progress Is Better than no Progress-

Apakah Anda salah satu orang yang malas berolahraga? Hayoo siapa yang merasa kesindir nih? ๐Ÿ˜€

 

Olahraga ย itu penting gengs untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar dalam melakukan aktivitas. Tidak bisa dipungkiri, tidak ada motivasi untuk olahraga ย juga sangat berpengaruh dalam menentukan keputusan orang akan olahraga atau tidaknya. Biasanya dalam benak pikiran sudah ada ide dan banyak ekspetasi kalau besok akan olahraga ketika hari libur. Kenyataannya? Goler-goler di kasur ๐Ÿ˜€

 

Teman-teman beonic sudah tau juga kan, kalau bunda HR sudah memfasilitasi dan memberikan dana untuk beberapa olahraga yang bisa diikuti beonic, seperti badminton, basket, Futsal dan Gym? Tentunya salah satu dari cabang olahraga itu bisa kalian ikuti. Sudah ada fasilitas, kurang apa lagi? Tentunya motivasi dari teman-teman sendiri supaya ikut salah satu olahraga tersebut! Yang dapat untung siapa? Tentu diri sendiri, karena yang ikut olahraga diri sendiri maka yang akan menerima manfaatnya pun diri sendiri.

 

Gak harus semua kalian ikuti kok, coba lah dari salah satu cabor dulu, mulai ikuti rutin dan nanti kalau bosan kalian bisa coba ikuti cabor lainnya. Seru kok! Saya saja ketagihan dua cabor, basket dan badminton hehehe. Jadi yang mau join ikut basket bareng beonic lainnya, bisa PM saya, ya! ๐Ÿ˜€ (promosi dikit hehe)

 

Oke cus langsung saja, berikut sedikit tips dari saya supaya teman-teman tidak malas olahraga :

pakaian-olahraga_large

1. Cari olahraga yang Anda sukai

Motivasi untuk olahraga bisa luntur jika Anda bosan dengan latihan atau olahraga yang Anda lakukan itu-itu saja. Untuk itu, cobalah cari latihan yang menyenangkan, carilah cabang olahraga yang membuat Anda tidak bosan dan menyenangkan untuk diri Anda sendiri. Biasanya Olahraga bersama tim atau teman-teman bisa meningkatkan motivasi olahraga.

unnamed

2. Tidak harus selalu ke gym

Ketika jadwal terlalu sibuk karena bekerja, biasanya para wanita karir malas bermacet-macetan dijalan menuju gym. Untuk mengakalinya agar bisa tetap olahraga, Anda bisa menggunakan video latihan di YouTube ย dan olahraga dari rumah. Setidaknya Anda tetap bisa membakar kalori dan berolahraga rutin meskipun tidak harus ke Gym.

senam-kesehatan-jasmani

3. Mungkin kamu malas olahraga karena nggak betah sendirian aja.

Jika kamu malas olahraga karena bosan sendirian dan tidak ada teman, cobalah ajak temanmu untuk olahraga juga biar semangat. Kehadiran partner berolahraga akan meningkatkan komitmen kamu berolahraga juga, lho! Kamu bisa ajak pacar / suami atau teman dekatmu untuk nge-gym bareng misalnya, kalau gak ada pacar buat yang jomblo, coba ajak teman aja lah ya hehehe ๐Ÿ˜€

hipwee-K7nQg7T

4. Sesuaikan dengan siklus menstruasi

Bagi perempuan, siklus menstruasi besar pengaruhnya terhadap performa dalam berolahraga, biasanya akan lebih malas dan โ€œagak risihโ€ ketika olahraga dalam masa haid ini. Energi dari hasil pembakaran lemak dihasilkan lebih banyak saat hormon esterogen dan progesteron berada di level paling tinggi. Ini terbukti dalam sebuah penelitian di University of Adelaide. Jadi jika akan olahraga bagi kaum wanita, jangan lupa sesuaikan dengan masa haid kalian ya supaya lebih nyaman dan totalitas!

0C

5. Biasakan olahraga mulai dari 7 menit

Paksa diri Anda untuk melakukan olahraga hanya dimulai dari 7 menit saja. Ini bisa menjadi suatu acuan dan motivasi untuk olahraga kecil yang akan membawa dampak besar hasilnya bila dilakukan rutin. Setelah selesai,cobalah tanya pada diri sendiri, apakah masih mau lanjut? Jika tidak, Anda dapat melakukan beberapa sesi latihan kecil lainnya sepanjang hari, dibandingkan harus satu kali latihan berdurasi panjang.

volleybal-15

6. Gak usah pasang target tinggi-tinggi. Yang simpel aja asal bisa kamu penuhi

Berjanjilah pada diri sendiri bahwa kamu akan berolahraga walau tidak setiap hari, walaupun cuma 15-20 menit saja. Dengan begini, kebiasaanmu berolahraga akan bisa lebih cepat dan mudah terbangun.

animasi-bergerak-hadiah-bingkisan-0015

7. Beri hadiah ke diri sendiri

Dan yang terkahir sebagai bentuk apresiasi diri jika jika target olahraga Anda hampir terpenuhi atau malah berhasil tercapai, beri hadiah atas keberhasilan Anda ini. Pikirkan hadiah apa yang bisa Anda berikan ke diri sendiri sebagai motivasi olahraga. Lebih baik hadiah seperti baju baru, pijat, dan apapun yang Anda ingin nikmati. Dan disarankan jangan malah sehabis olahraga malah makan makanan yang buanyak dan berlemak, jika tujuan Anda olahraga ingin kurus dan sehat itu malah tidak akan membuat goals olahraga Anda tercapai.

Itu adalah beberapa tips yang bisa saya bagikan ke teman-teman berdasarkan pengalaman pribadi dari saya, semoga dengan membaca artikel ini, teman-teman yang malas olahraga bisa termotivasi supaya menuju #HidupSehat2019 ๐Ÿ˜€

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

7 Comments

  1. Fitra Ardina on 19 March 2019 at 13:24

    wah terimakasih kak tips nya, semoga bisa menyadarkan saya yang sangat malas olahraga ini ๐Ÿ™ wkwk

  2. Ranggi Ramadhan on 21 March 2019 at 08:05

    Mens sana in corpore sano

    Bahkan sejak jaman romawi, sudah digaungkan pentingnya menjaga tubuh tetap sehat, salah satunya melalui olahraga.

    #SalamOlahraga!

  3. Syahrul Munir on 18 May 2019 at 21:01

    Karena terlalu semangat, tidak perlu langsung digas diawal. Mungkin sebelum praktek olah raga bisa liat liat video olah raga dulu sambil ngumpulkan niat ๐Ÿ˜€

    Soale kalo digas di awal tubuh langsung kaget, dan akhirnya capek bukan maen.

    • Sonia Cynthia Elchitian on 17 June 2019 at 17:08

      betul mas bisa pemanasan tipis2 dulu baru cuss olahraga lagi. skuy besok ada jdwal basket dan kamis badminton lho!??โ€โ™€๏ธ

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.