Apa yang kamu pikirkan jika berbicara tentang kepribadian? MBTI?

Hari ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya menjalani kurses tipe-tipe kepribadian.

Sebelum saya menjalani kursus di coursera.org dengan judul Personality Types at Work, yang saya ketahui tentang personality type adalah tipe ekstrovert dan introvert, yang bisa kita coba tes secara online dengan MBTI atau Myers–Briggs Type Indicator. tapi selama menjalani kursus ini, saya menjadi lebih tahu bahwa tipe kepribadian tidak hanya sebatas MBTI, tetapi kita bisa mengukur tipe kepribadian dengan cara yang lain, misalnya dengan Bird Test dan Big 5. Ketiga tes kepribadian ini mempunyai keunikannya masing-masing, dan setelah saya menjalani kursus ini, saya menjadi mengetahui lebih banyak hal apa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengetahui kepribadian kita untuk bisa menunjang pengembangan kita yang lebih baik kedepannya.

Kalau sebelumnya tes kepribadian hanya sekedar tes untuk mengetahui kepribadian yang saya miliki. Namun setelah menyelesaikan kursus Personality Types di cousera.org, saya mendapatkan pembelajaran baru bahwa tes kepribadian bisa digunakan untuk bisa lebih memahami bagaimana setiap orang itu berbeda dan lebih memahami mereka, khususnya di dunia kerja.

Maka dari itu ketika mengimplementasikan di dunia kerja, kita pasti akan bekerja sama dengan berbagai orang dengan kepribadian berbeda-beda, disaat itu kita harus bisa memahami dinamika tim, memahami setiap individu, agar semua bisa bekerja dengan baik.

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.