Dewasa itu Growth Mindset

by tauhid izzan

Setiap orang pasti mengalami masa pertumbuhan fisik maupun rohani. Tapi tidak semua orang mengalami masa pertumbuhan pola pikir dalam menjalani hidupnya. Walaupun secara fisik ia berkembang, namun otak tidak menjamin untuk berkembang juga. Jadi tidak heran jika ada seseorang yang dilihat secara fisik itu dewasa, tetapi pola atau tingkah lakunya seperti anak kecil.

Terus bagaimana caranya agar fisik dan pola pikir kita sama - sama berkembang atau bisa dikatakan Dewasa.

Mari kenali Growth Mindset

Growth Mindset adalah pola pikir yang menerapkan kata yakin atau optimis, tidak pantang menyerah. Jika seseorang telah menerapkan growth mindset di otaknya, maka pikiran orang tersebut selalu postitif jika menemukan permasalahan. Dan ia akan memperbaiki kesahalan - kesalahan yang ia lakukan dengan mengukur tingkat potensi pada dirinya. Kebalikan Growth Mindset adalah FIxed Mindset yang cenderung mudah menyerah.


Prinsip Growth Mindset

Self Change : Mengubah diri kita ke arah yang lebih baik
Believe : Percaya akan hasil positif
Self Confidence : Paham kemampuan diri sendiri

 

Penerapan dalam hidup saya

Saya sebelum mengenal Growth Mindset, saya terlebih dahulu sudah pernah menerapakan prinsip yang ada di Growth Mindset. Yang saya paling banyak terapkan adalah prinsip Believe yaitu percaya akan hasil positif dan pastinya pantang menyerah. Saya menerapkan prinsip tersebut pada saat saya masih menjadi jobseeker atau masih mencari kerja. Kurang lebih saya mencoba melamar kurang lebih 80 an startup di Indonesia. Rasa ingin menyerah pasti ada waktu itu mengingat lowongan - lowongan kerja di Indonesia semakin sempit karena adanya pandemi covid-19  yang tak kunjung selesai. Yang saya rasakan menjadi lulusan angkatan 2020 sangat lah sulit teman - teman. Yah jadi curhat deh, hm jadi intinya sangat terbebanilah. Dan akhirnya saya diterima di Jagoan Hosting. Saya sangat bersyukur atas capaian tersebut, karena masih banyak teman saya yang masih belum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Ada 5 Cara yang harus dilakukan

1. Focus
Fokuslah pada apa yang kamu ingin capai saat ini. Mulailah belajar dengan tekun agar mudah menggapai hal yang positif pastinya

2. Learn from great people
Carilah orang yang hebat dalam segi yang kamu tekuni, agar bisa menjadi referensi kamu kedepannya.

3. Learning by doing
Jika anda telah mempelajari suatu hal, maka lakukanlah sekarang jangan menunggu nanti. Karena kuncinya adalah yakin

4. Be creative
Jadilah orang yang kreatif dalam berpikir dan mengerjakan suatu pekerjaan. Usahakan jangan membosankan.

5. Be yourself and be happy
Jadilah diri sendiri, dan banggalah jadi diri sendiri.

 

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, semoga dapat kamu terapkan segera mungkin agar kau menjadi orang yang sukses. Terima kasih.

Tua itu pasti, jadi dewasa itu pilihan

 

 

Se

TIPS

  • Gunakan hanya 3 sampai maksimal 5 baris teks pada bagian paragraf ini. Hal tersebut akan membuat beban otak pembaca lebih ringan ketika membaca atau melakukan scanning artikel.
  • Agar pembaca tidak mudah lelah. Berikan jeda dengan menggunakan gambar, setelah menambahkan beberapa kalimat/paragraf.
  • Mudahkan pembaca untuk melakukan scanning isi dari artikel dengan membuat Sub Judul menggunakan Format Heading. Karena kecenderungan mereka adalah melompat dari Sub Judul satu ke yang lain. Jika menarik mereka akan melanjutkan membaca paragrafnya.

Format Heading

Ada beberapa pilihan Format Heading yang bisa kamu gunakan untuk bagian Sub judul.

Format Heading 1

Format Heading 2

Format Heading 3

Format Heading 4

Format Heading 5
Format Heading 6

Format Bloquote

Ini merupakan Format Bloquote

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!