Duluan mana? Punya Value apa Behaviour yang bagus?

#curahanotak by Putri

Iceberg Model vs Mahatma Gandhi's Philosophy

Pernah dengan teori iceberg? kalau sesuatu yang tampak di luar sebenarnya dihasilkan dari dalam diri atau banyak yang menyebut alam bawah sadar.

guning-es-bawah-sadar.jpg

Value dan Belief menjadi kunci awal terbentuknya behaviour yang bisa dilihat dan dinilai oleh orang lain. Nah sekarang mari kita coba baca dan pahami filosofi dari mahatma gandi.

"Keep your thoughts positive because your thought become YOUR WORDS. Keep your words positive because your words become YOUR BEHAVIOR Keep your behavior positive because your behavior becomes YOUR HABITS Keep your habits positive because your habits become YOUR VALUES Keep your values positive because your values become YOUR DESTINY”

- Mahatma Gandhi -

Jadi duluan yang mana?

Sebelumnya, kita sepakat dulu yah kalau apapun yang ingin dibentuk saat ini, mayoritas orang berharap akan berimapct ke goals nya di masa mendatang.

Behaviour dan Value jadi sebuah paradox semacam paradox duluan mana telur sama ayam.

Value yang bagus dibentuk oleh behaviour yang bagus

Dan

Behaviour yang bagus dibentuk oleh value yang bagus

maka bagaimana jika, kita sadar bahwa belum punya value atau behaviournya masih belum bagus?

Kalau saya disuruh untuk memperbaiki maka yang akan saya perbaiki  adalah Behavour. Logika sederhananya karena Behaviour mudah sekali dilihat dan diukur daripada Value.

Lalu bagaimana mengubah behaviour meski value masih belum terbentuk baik. Menurut pengalamanku cara tergampangnya adalah dengan merubah atau berpindah lingkungan.

Teringat dulu saat melancong di Singapura dimana semua serba tertata dan disiplin. Beberapa perilaku tidak tertib disana bisa ditekan bahkan hilang karena sistem disana intolerin dengan ketidak disiplinan. Beratnya "Pain" yang akan diterima pelanggar jika coba-coba untuk tidak tertib.

Lalu kalian apakah pernah pernah mendengar juga tentang teori Habit? Dimana Perilaku akan menjadi kebiasaan jika dilakukan / diulangi selama 21/30 hari. Coba bayangkan, jika kamu di negara tersebut dan perilaku diatur setiap hari. Otomatis perilaku disiplin tersebut akan jadi kebiasaanmu.

Ingat kata Mahatma Gandhi :

Pemikiran >> Kata-Kata >> Perilaku >> Kebiasaan >> Nilai >> Takdir

Dan Nilai yang terbentu akan berputar seperti Iceberg Model untuk membentuk Behaviour.

Disclamer

Tulisan ini merupakan curahan otakku sendiri, gabungan dari beberapa teori dan pakai logika sederhana yang bisa aku cerna sehingga menghasilkan pemikiran-pemikiran yang aku tulisan di sini.

Tips untuk pembentukan behaviour akan lebih tajam jika sudah menemukan Self Awarness. Tahu apa Tujuan Hidupmu, Tahu apa yang kamu mau, Tahu bagaimana caranya menggapai tujuan itu. Jika kamu sudah tahu bagaiamana hidupmu, kamu akan mudah menentukan lingkungan mana yang akan kamu pilih atau bentuk agar bisa mendorong kamu menggapai tujuan hidupmu. Dan ingat, semakin mulia Tujuan hidupmu maka akan semakin banyak orang yang akan ikut mendorong kamu ke tujuan itu.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!