close up woman hand watering a green young plant

Tahukah kamu bahwa cara berpikir seseorang bisa dibedakan menjadi Fixed Mindset dan Growth Mindset. Ditinjau dari kata nya, kita sebenarnya sudah bisa menebak Fixed Mindset merupakan cara berpikir yang kaku dan cenderung tidak berubah. Artinya, suatu pandangan baru cenderung dia tolak, apalagi pandangan lama tersebut sudah dia terima dan gunakan dari dahulu. Misalnya tentang kegagalan dan masalah.

Orang bertipe Fixed Cenderung akan menyalahkan keadaan ketika dia menemui masalah. Sehingga dia lupa bahwa bagian terpentingnya adalah menemukan solusi. Orang bertipe ini juga kadangkala tidak kreatif karena memandang suatu hal dari satu sisi saja. 

Begitu juga mengenai konsep kegagalan. Orang bertipe fixed mindset menganggap kegagalan adalah sesuatu yang tabu dan tidak patut diperbincangkan. Konsekuensi dari pemikiran ini adalah mereka akan takut kepada kegagalan sehingga mereka tidak akan pernah mencoba hal baru. Jika mereka tidak mencoba hal baru, maka tentunya orang tersebut tidak akan bisa cepat berkembang dan maju. 

Berbeda dengan fixed mindset, orang bertipe growth mindset memandang sesuatu hal dari berbagai sisi. Di saat mereka mengalami kegagalan,fokus mereka tidak lagi terhadap meratapi kegagalan, akan tetapi mengenai hikmah tersembunyi dan solusi apa yang bisa dihadirkan dan bahkan mereka bisa membuat suatu opportunity baru.

Orang yang bertipe growth mindset akan cenderung lebih tahan banting, lebih kreatif, dan lebih maju dibandingkan dengan orang bertipe fixed mindset. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa perbedaan pola asuh anak bisa menyebabkan dia akan berpikir fixed mindset atau tidak. Salah satu contohnya adalah memaksa anak untuk mendapatkan nilai yang bagus di semua pelajaran. Jika kita lihat, guru SMA saja mengajar di beberapa pelajaran saja, artinya guru-guru tersebut juga memiliki spesialisasi tersendiri.

Lalu bagaimana cara kita untuk hijrah ke growth mindset ? ada beberapa tips yaitu 

  1. Focus 
  2. Learn from great people
  3. Learning by doing
  4. Be Creative
  5. Be Yourself and Be Happy 

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!