Sebelum kita bahas tentang mindset, growth mindset dan kawan kawan mindset lainnya, yuk kita mengenal diri kita lebih dalam dulu (talking about yourself).


Ambil hp dan setting alarm 5 menit dari sekarang!

Coba ingat-ingat lagi, kita flashback aktivitas kita di tahun 2018 dan tanyakan pertanyaan di bawah ini pada diri kita masing-masing.

  1. Apa yang sudah kita kerjakan?
  2. Perubahan apa yang sudah kita lakukan?
  3. Seberapa impact aktivitas yang kita kerjakan untuk diri kita dan untuk orang-orang di sekitar kita?

Aku yakin teman-teman yang membaca artikel ini, pasti merasakan perubahan dalam diri masing masing, merasakan sebuah progress dalam diri yang lebih baik serta merasakan juga perbedaan yang terjadi dalam diri sendiri antara tahun 2018 dengan tahun-tahun sebelumnya tentunya.

Mengenal diri sendiri adalah koentji kita untuk bisa memahami lebih dalam lagi apa itu mindset maupun growth mindset. Simplenya sih, GROWTH MINDSET itu adalah mindset untuk tidak cepat merasa puas dengan apapun pencapaian yang kita dapatkan. Karena seseorang yang memiliki FIXED MINDSET (lawan dari growth mindset) terindikasi mengidap sifat puas yang akan menyebabkan penderitanya terlena pada zona nyaman, takut melakukan perubahan dan merasa cukup dengan apapun yang didapatkan (tidak ada upgrade value).

Kita tidak bisa memungkiri, sedari kecil mungkin beberapa dari orang tua kita mengajarkan fixed mindset di dalam kita. Secara tidak sadar, kita selalu terpaku bahwa nilai sekolah adalah segala-galanya. Padahal yang lebih, lebih, lebih penting dari nilai yang tertera di rapor kita adalah pemahaman dan pembelajaran apa sih yang sebenarnya sudah kita dapatkan selama bersekolah yang kurang lebih dijalani selama 18 tahun?

Sama seperti fisik kita, growth mindset juga tidak bisa serta merta tertanam jika kita tidak berlatih untuk membiasakannya lho!

Practice isn't the thing you do once you're good. Its the things you do that makes you good.

Yang pertama, untuk melatih growth mindset dalam diri kita, saya mulai membiasakan untuk menanyakan pertanyaan ini setiap akan tidur malam:

  1. Apa yang sudah aku pelajari hari ini?
  2. Perubahan apa yang aku lakukan hari ini dari kemarin?
  3. Pelajaran apa hari ini yang bisa aku terapkan untuk besok?

Yang kedua, biar kita semua tidak terjebak jadi #teamfixedmindset ada beberapa trik untuk membiasakan kita tidak mudah merasa puas dengan apapun yang dikerjakan dengan menerapkan Do and Don't Say beberapa kalimat ini guys.

Last but not least, kembali lagi jangan lupa bahwa sebenarnya berlatih growth mindset tujuannya adalah untuk menjadikan kita pribadi yang semakin baik, selalu melakukan evaluasi dan melakukan perubahan diri yang harapannya dengan memiliki growth mindset kita dapat selangkah demi langkah maju dan makin dekat dengan goals kita masing-masing yaitu memiliki kehidupan yang bahagia dan saling membahagiakan sesama. 🙂

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!