Growth Mindset - Growth For Yourself

by Mira Tania

Manusia memiliki kelebihan dibanding dengan makhluk hidup yang lain, salah satunya yaitu dalam hal berpikir. Kemampuan berpikir membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, seperti sekolah, bekerja, bersosialisasi, ataupun mengambil suatu keputusan. Ketika belajar yang paling penting kita ketahui adalah bagaimana kita dapat memahami materi tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh tentang “Growth Mindset”, baiknya kita kenal lebih dalam terhadap diri sendiri - Talking about Yourself. Berbicara dengan kita sendiri, mengenai identitas, status, visi dan misi, talenta atau bakat, harapan dan cita-cita yang ingin kita kejar. Hal tersebut membantu untuk membuat kita mengerti, mana yang perlu dikembangkan dan dihilangkan dalam diri kita.

What’s my problem? 🤯

1.      My responsible, merupakan sebuah masalah yang utama dalam kehidupan kita. Hal itu dikarenakan banyaknya orang yang sering bertindak, namun susah untuk menanggung konsekuensi tersebut.

2.      Self character. Pentingnya mengenal karakter orang terdekat di lingkungan sekitar kita, karena secara tidak langsung dapat memengaruhi dalam pembentukan karakter.

3.      Bad Habits. Orang yang memiliki pengaruh ketidakbahagiaan baik dalam keluarga maupun masa kecilnya, biasanya memiliki kebiasaan buruk dan membawa pengaruh yang buruk juga bagi sekitarnya.

4.      Environment. Lingkungan dapat memengaruhi kita dalam bertingkah laku.

5.      My family. Menjadi pengaruh lingkungan pertama terhadap karakter kita.

6.      My friend. Teman menjadi pengaruh yang luar biasa dalam hidup kita.

7.      My job. Selama kita memahami apa yang menjadi tugas kita dan memiliki kemauan untuk berkembang, pekerjaan menjadi nyaman. Di sisi lain, jikalau memiliki masalah jangan dijadikan beban, jadilah seseorang yang profesional!

Ada dua macam yang berkaitan dengan mindset, yaitu sebagai berikut

1.      Fixed Mindset, orang yang kaku, tidak bisa berubah, tidak bisa diajak untuk berkembang dan akhirnya tertinggal karena tidak menerima sebuah perubahan.

2.      Growth Mindset, orang yang dinamis (berubah dan berkembang). Orang yang seperti ini sering dicari-cari, karena setiap pekerjaan memerlukan orang yang memiliki kemampuan berubah. Di sisi lain, pesaing yang sangat banyak membawa kita harus menjadi yang lebih baik untuk menerima kekuatan untuk berkembang.

What’s with growth mindset 💪

1.      Self-Change. Ketika kita memiliki kemauan untuk berubah, akan sangat kuat kekuatan dalam diri kita untuk belajar.

2.      Belief & Self Confidence. Keyakinan dan rasa percaya diri menjadi pendukung kita dalam menghadapi permasalahan dalam kehidupan.

It’s time to change✨

1.      Focus

2.      Learn from great people

3.      Learning by doing

4.      Be creative

5.      Be yourself & be happy

Pengalaman saya juga mengatakan mindset menjadi sesuatu yang penting dalam kehidupan untuk membawa pribadi menjadi yang lebih baik. Sebelumnya, ada salah satu perkataan yang selalu saya ingat dari seorang Ibu – Orangtua saya, adalah “Kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak? Jangan menanamkan mindset yang menurunkan kualitasmu”. Berulang kali perkataan itu muncul ketika saat saya harus dihadapkan beberapa pilihan sulit dalam kehidupan. Salah satunya yaitu pemilihan jurusan pada saat percobaan masuk kuliah atau yang biasa dikenal SBMPTN untuk yang kedua kalinya. Bimbang, takut, dan gelisah menghampiri saya, layaknya sudah seperti udara yang selalu ada setiap detiknya. Akan tetapi saat teringat akan perkataan Ibu, membuat mindset terpacu untuk menjadi yang lebih baik. Percaya atau tidak, growth mindset membantu saya untuk berjalan sejauh ini dengan membawa pengalaman-pengalaman yang berharga. Di sisi lain, hal baru dengan growth mindset yaitu memberanikan diri saya untuk apply internship di JagoanHosting dan bersyukur Tuhan memberikan saya kesempatan menerima pengalaman berharga lagi.

 

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!