Kegagalan pasti menjadi kawan hidup semua orang. Namun "Failure is the limit of my abilities" bukanlah hal yang tepat. Begitu pula dengan rasa puas dalam diri kita. Terlalu cepat puas bukanlah sesuatu yang baik, karena kita hanya akan berhenti disana ketika orang lain berlomba-lomba untuk terus berkembang.

Begitu juga dengan apa yang saya alami. Pernah ditolak oleh beberapa start up ternama saat mendaftar internship. Kemudian beberapa bulan kemudian saya diterima di sebuah startup dan telah menyelesaikannya. Puas ? tentu tidak.

Banyak teman-teman saya yang berpikir bahwa satu kali magang saja sudah cukup untuk mencari lowongan pekerjaan. Namun bagi saya tidak. Karena menurut saya tidak ada salahnya apabila kita memperbanyak pengalaman kita. Dengan begitu skill kita akan bertambah dan jauh lebih siap untuk mencari pekerjaan nanti.

Maka dari itu kita perlu memiliki growth mindset untuk dapat berpikir jernih seperti itu, dalam artian terus ingin mengembangkan diri.

Growth mindset adalah tipikal orang yang tidak mudah menyerah. Mereka yang berada dalam katagori ini condong berpikir positif tentang kemampuan mereka dan mampu memperbaiki diri dengan melihat sisi kelemahannya dalam segala hal. Kebanyakan orang dengan cara berpikir growth mindset percaya bahwa kemampuan seseorang itu adalah dinamis dan bisa diperbaiki dengan usaha yang baik. Sebagai contoh, mereka yang tergolong dalam growth mindset ketika mengalamj kegagalan akan kembali mencoba dan belajar dari kesalahan atas kegagalannya. Motivasi mereka akan muncul karena tingkat kepercayaan akan kemampuan mereka selalu mengarah ke sisi positif.

Dan ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam growth mindset :

  1. Self Change : Kita harus mau mengubah diri kita ke arah yang lebih baik
  2. Belief : Kita harus percaya bahwa perkembangan atau perubahan itu akan memberikan dampak yang positif
  3. Self Confidence : Kita harus percaya diri akan kemampuan kita

Dapatkan insight dari cerita saya yang lain!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!