How to Set Goals and Become Incredible

Setting goals is something many of us do without really thinking about it.

Few of us think of goal-setting as what it really is: a skill. Learning how to set goals (and how to achieve them) takes practice and hard work — and can be made easier by learning the right skills, frameworks, and science-backed methods for choosing and creating goals that are truly achievable.

Becoming better at setting goals takes a good understanding of what goal-setting really means, as well as knowing how to adjust your goals, your behaviors, and even your environment to create the right circumstances for success. Read on to learn everything you need to know about how to set goals — and achieve them.

What is goal-setting?
Technically, the definition of goal-setting is: “the process of identifying something that you want to accomplish and establishing measurable goals and timeframes”.

This definition can apply to both short-term and long-term goals, big goals and smaller goals, team goals, career goals and personal development.

The definition makes sense, sure. But productivity experts agree that there’s actually more than that to setting an achievable, actionable goal. James Clear, who has written extensively about how to set goals, explains that there are actually 2 parts to every goal: the achievement you want to reach, and the sacrifices you’re willing to make to reach it.

Salah satu course yang saya pelajari adalah How to Set Goals and Become Incredible oleh Jerry Acuff. Selama mengikuti course ini, saya dapat mempeluas pandangan mengenai bagaimana menentukan sebuah tujuan dalam melakukan pekerjaan untuk mencapai suatu tujuan dan menjadi pribadi yang luar biasa.

Tujuan sendiri menurut KBBI adalah arah ataupun haluan yang ingin kita tuju. Namun, setelah mendengarkan course ini saya paham bahwa arti dari tujuan tidak sedangkal apa yang biasanya kita pikirkan. Tujuan merupakan hal kompleks yang dalam prosesnya dapat memotivasi kita untuk lebih produktif dalam beraktivitas demi meraih apa yang kita inginkan atau dambakan.

Lantas apakah kita dapat menentukan tujuan sesuka hati kita? Bagaimanakah cara kita menentukan tujuan? Apakah tujuan yang bagus itu adalah tujuan yang besar atau megah? Jawabannya belum tentu. Maka dari itu, diperlukan pemahaman bahwa tujuan yang bagus itu adalah tujuan yang SMART. Dalam menentukan tujuan yang ingin kita raih di masa mendatang, maka kita juga harus memperhatikan metode SMART ini yaitu Specific, Measurable, Archievable, Realistic, dan Time Sensitive.

  1. Specific. Sebuah tujuan haruslah jelas dan spesifik, sehingga seseorang dapat menentukan step atau langkah apa yang akan diambil di waktu mendatang tanpa mengalami kesulitan yang berarti.
  2. Measurable. Dalam menentukan sebuah tujuan, kita harus tahu bahwa tujuan tersebut dapat diukur. Dengan dapat diukurnya sebuah tujuan, maka akan memudahkan kita untuk melacaknya dan menentukan deadline atau rules yang harus kita patuhi.
  3. Archievable. Tujuan yang besar memang nembuat kita merasa tertantang. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua tujuan yang besar itu baik. Jangan sampai membuat tujuan yang tidak masuk akal dan tidak bisa kita peroleh. Set tujuan kita dengan tujuan yang sekiranya masih masuk akal tanpa mempersulit diri sendiri.
  4. Realistic. Sebuah tujuan yang ingin kita raih, haruslah dapat dilalui dengan usaha sendiri yang sejalan dengan nilai inti perusahaan.
  5. Time Sensitive. Agar benar-benar fokus dalam menjalankan suatu tujuan maka waktu adalah aspek yang harus diperhatikan. Tegas terhadap tenggat waktu adalah salah satu kunci untuk menjaga ritme kerja kita agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang sudah kita rancang.

Dalam memperlancar proses untuk mencapai sebuah tujuan, maka ada aturan dasar yang bisa kita ikuti untuk mempermudah proses kita, yaitu:

  • Menentukan tujuan yang jelas
  • Tulis goals yang ingin dicapai
  • Patikan tujuan selaras dengan kemampuan yang dimiliki
  • Abaikan apa kata orang
  • Yakin dengan diri sendiri untuk dapat melewati kesulitan atau hambatan yang dihadapi hingga terwujudnya goals itu.

“​​Goal-setting is not only about choosing the rewards you want to enjoy, but also the costs you are willing to pay.” James Clear

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.