Insights from “Personality Types at Work”

Dalam bekerja, pada umumnya hard skill yang biasa disangkutpautkan dengan IQ menjadi hal yang utama. Namun, pada praktiknya EQ juga memiliki peran yang penting dalam bekerja, terutama bekerja sama dalam sebuah tim. EQ seseorang dapat dikelompokan menjadi 4 tipe besar. Yaitu bagaimana seseorang me-manage energinya, bagaimana individu memproses sebuah informasi yang diterima, bagaimana seseorang mengambil sebuah keputusan, dan bagaimana seseorang me-manage sebuah struktur dalam hidupnya.

Cara seseorang me-manage energinya dibagi menjadi extraversion/introversion, kemudian cara seseorang meproses informasi terbagi menjadi sensing/intuition, sementara cara seorang mengambil keputusan adalah thinking/feeling, dan terakhir cara seseorang me-manage sebuah struktur adalah judging/perceiving. Setiap individu memiliki porsinya masing-masing dalam keempat tipe tersebut. Dan setiap kombinasi dari keempat tipe tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dalam course ini juga disampaikan bahwa setiap orang dengan masing-masing personalitinya akan dapat menjadi komplemeter dari satu sama lain. Tidak ada personaliti yang lebih baik dari personaliti yang lain. Dengan saling menghargai personaliti satu sama lain, maka sebuah tim akan dapat bekerja lebih baik.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.