Kepribadian di Tempat Kerja

Setiap orang memiliki kepribadian yang unik dan berbeda, dan hal ini juga mempengaruhi cara kita berinteraksi dan bekerja dengan orang lain di tempat kerja. Dalam dunia kerja, kepribadian dapat dikategorikan ke dalam beberapa tipe yang umumnya dikenal sebagai personality types at work. Memahami tipe kepribadian ini dapat membantu Anda berinteraksi dengan orang lain di tempat kerja dengan lebih efektif, meningkatkan kolaborasi, serta memperkuat kinerja tim secara keseluruhan.

Didalam kursus coursera terdapat beberapa sudut pandang mengenai personality, ada Carl Jung, Archetypes, Myers-Briggs, Bird, dan Big 5. Di setiap sudut pandang juga terdapat banyak kepribadiaan juga.

  1. Kepribadian Menurut Carl Jung

Menurut Jung, ego adalah aspek kepribadian yang kita kenal dengan baik, yaitu bagian dari diri kita yang kita anggap sebagai “saya”. Personal unconscious adalah aspek kepribadian yang berisi pengalaman-pengalaman dan ingatan-ingatan yang kita alami sepanjang hidup kita, tetapi tidak selalu kita sadari. Sedangkan collective unconscious adalah aspek kepribadian yang berisi warisan budaya, simbol, dan mitos yang ada di seluruh dunia.

Jung juga mengidentifikasi beberapa tipe kepribadian berdasarkan teori-teorinya, termasuk tipe-tipe seperti Introvert dan Extrovert, Sensing dan Intuiting, Thinking dan Feeling, serta Judging dan Perceiving. Tipe kepribadian ini mencerminkan cara seseorang memandang dunia dan cara mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

2. Kepribadian Menurut Myers-Briggs

16 ada jenis kepribadian yang dibagi menjadi empat kategori besar berdasarkan dua dimensi utama, yaitu:

  1. Ekstrovert (E) vs Introvert (I): Dimensi ini mencerminkan sumber energi seseorang, apakah mereka lebih memperoleh energi dari interaksi sosial atau dari waktu sendiri untuk merenung.
  2. Intuitif (N) vs Sensorik (S): Dimensi ini mencerminkan cara seseorang memperoleh dan memproses informasi, apakah mereka lebih tertarik pada konsep abstrak atau fakta konkret.
  3. Berpikir (T) vs Merasa (F): Dimensi ini mencerminkan cara seseorang membuat keputusan, apakah mereka lebih cenderung menggunakan logika dan analisis atau mempertimbangkan nilai-nilai dan perasaan.
  4. Menilai (J) vs Perseptif (P): Dimensi ini mencerminkan cara seseorang mengatur hidup mereka, apakah mereka lebih cenderung memiliki jadwal yang terstruktur atau fleksibel dan terbuka terhadap perubahan.

3. Kepribadian Menurut Bird

Terdapar 4 burung yang mewakilkan kepribadian yaitu Elang, Burung Hantu, Burung Merpati, dan Burung Merak.

4. Kepribadian Menurut Big 5

Model kepribadian Big Five atau Model Lima Besar merupakan salah satu teori kepribadian yang paling populer dan diakui oleh banyak ahli psikologi. Teori ini mengidentifikasi lima dimensi utama dalam kepribadian manusia, yaitu O (Openness), C (Conscientiousness), E (Extraversion), A (Agreeableness), dan N (Neuroticism).

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.