RUBRIK TEKNO

Mungkin akan terasa ganjil ketika pemerintah mengumumkan mereka akan melakukan peretasan (hacking) ke perangkat yang kita gunakan.

Itu terjadi di jepang bro! . Baru baru ini pemerintahan jepang mengesahkan kebijakan yang mengijinkan pemerintah untuk melakukan hack ke perangkat dengan sistem keamanan yang lemah, seperti yang dilansir oleh Tech Radar.

Peretasan akan digawangi oleh National Institute of Information and Communications Technology (NICT) sebuah lembaga riset informasi dan komunikasi gitulah di Jepang, dibawah pengawasan Ministry of Internal Affairs and Communications.

NICT di Tokyo, Jepang. Gambar: ISES

Mereka akan mulai melakukan peretasan menggunakan password default dan password umum untuk meretas gadget yang digunakan masyarakat.

Jika ditemukan perangkat yang mudah dibobol, pemerintah akan menginformasikan ke pengguna terkait, bagaimana cara yang tepat untuk mengamankan perangkat mereka.

Sekilas tampak menerobos privasi masyarakat ya ?, Tapi pemerintah jepang memiliki alasan yang bisa diterima terkait hal ini.

Logo ofisial Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020

Mereka ingin memastikan bahwa hacker tidak akan bisa melakukan peretasan ke infrastruktur mereka, mengingat Jepang akan menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas 2020.

Kita mungkin berpikir orang-orang jepang ini paranoid banget ya, tapi mereka ingin memastikan bisa meminimalisir resiko serangan ke Infrastruktur IT Olimpiade.

Mereka belajar dari pengalaman yang dialami Korea saat pelaksanaan Olimpiade Musim dingin 2018, saat itu hacker Rusia men'deploy' virus bernama 'Olympic Destroyer' tepat sebelum olimpiade bergulir.

Kalau ditelaah baik baik semua ada benarnya, selain ingin pagelaran Olimpiade Musim dingin 2020 berjalan lancar, Pemerintah Jepang juga berupaya mengedukasi masyarakat agar lebih 'aware' terkait keamanan perangkat yang digunakan.

Gak perlu nunggu Olimpiade diselenggarakan disini, kita juga warga Indonesia harus aware ya, jangan mau kalah sama warga Jepang.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!