Macam-Macam Tes Kepribadian Pada Course “Personality Types at Work”

Di dalam course ini menjelaskan tentang mengenal diri sendiri, tim, manajer, dan organisasi dalam kesuksesan pribadi dan bisnis. Ada 3 test untuk mengetahui kepribadian diri sendiri yaitu, Myers-Briggs, Bird Test, dan Big 5 Test. Setiap tes memiliki karakteristik berbeda beda. Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) tes ini memiliki tujuan tersendiri yakni untuk menilai potensi, kepribadian serta preferensi seseorang. Sehingga melalui tes seperti ini bisa dilihat tentang bagaimana seseorang itu melihat dunia, mengambil keputusan serta menilai sesuatu.

Bird Test atau yang biasa disebut DOPE Test yang diambil dari sifat burung Merpati (Dove), Burung Hantu (Owl), Burung Merak (Peacock), dan Burung Elang (Eagle). Merupakan tes kepribadian yang ditentukan berdasarkan sifat-sifat dan karakteristik dari 4 burung.

Berikutnya ada Big Five Personality Traits Model yang terdiri dari 5 dimensi kunci yaitu Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness dan Neuroticism. Untuk mempermudah mengingatnya, kita dapat menggunakan huruf pertama dari masing-masing dimensi menjadi singkatan “OCEAN”.

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.