Dengan judul diatas, pasti sudah terjawab bahwa rata-rata semua orang saat ini jika akan hendak tidur yang dilakukan adalah membuka HP. Dan disini, saya akan share bahaya jika tidur dan didekat kita ada HP. Karena hal ini menyebabkan tidak baik bagi kesehatan karena dapat membuat penyakit atau sinyal dari benda elektronik tersebut yang tidak baik bagi kesehatan. Tetapi, biasanya di kaum milenial ini, sudah tahu dan sering mendengar bahwa bahaya meletakkan HP di dekat kita saat tidur, tetapi masih sering melakukannya. Tanpa sadar, aktivitas kebanyakan kaum milenial sebelum tidur yang sering dilakukan adalah HP-an untuk sekedar mengecek instagram stories, youtube, twitter, dan media sosial lainnya. Kebiasaan ini mungkin dilakukan hampir semua orang, terus menerus menatap layar ponsel sebelum tidur.

Tujuan saya men-share bahaya meletakkan HP di dekat kita (terlebih di dekat kepala) saat kita tidur ini adalah karena dari saya sendiri melihat fenomena ini masih sering terjadi seperti hal yang paling dekat dengan saya ketika bangun tidur saya melihat HP adek saya ada di dekatnya dan ketika saya tanya , adek saya menjawab kelupaan karena ketika tidur mendengarkan lagu atau ketiduran saat melihat video di youtube. Dan saya juga ingin mengingatkan juga kepada teman-teman betapa bahayanya hal tersebut.

Dan berikut beberapa dampak yang diakibatkan jika kita tidur dengan meletakkan HP di dekat kita :

1. Mengurangi kemampuan konsentrasi

Ketiduran saat memegang HP atau saat bangun tidur tersadar HP berada di sebelah bantal dekat kepala bahkan kebiasaan menaruh HP dibawah bantal adalah kebiasaan manusia milenial saat ini. Hal ini dilakukan agar mempermudah menjangkau ponsel atau agar bunyi alarm terdengar jelas. Namun, tahukah kita bahwa meletakkan ponsel dekat dengan kita ketika tidur berbahaya bagi kesehatan?

Karena menurut penelitian, ponsel jenis apapun merknya dapat mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu mempengaruhi kualitas tidur kita. Efek dari radiasi ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot Anda tidak maksimal. Oleh karena itu, di pagi hari, Anda bisa jadi mengalami kurang konsentrasi, nyeri, dan kurang fokus.

2. Membuat sulit tidur

Nah ini yang sering kita tidak sadari, tentunya akan membuat sulit tidur, mengapa? Karena kita akan kecanduan untuk terus melihat HP dengan membuka semua sosial media yang ada, ditambah lagi jika di dalam rumah/kos disediakan WIFI. Secara tidak sadar, kita tidak melihat jam dan ketika sadar sudah pagi hari/subuh. Dan juga menurut penelitian, Ponsel dapat memancarkan cahaya biru yang dapat menghambat produksi hormon melatonin – yang berfungsi mengatur tidur, dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh). Hal ini karena cahaya biru memancarkan gelombang panjang seperti pada siang hari, sehingga membuat tubuh berpikir jika masih siang sepanjang waktu, padahal kenyataannya sudah malam hari bahkan pagi hari.

3. Untuk Ibu hamil, tidur dekat HP menimbulkan resiko keguguran

Mungkin kita bertanya-tanya, Apa hubungannya tidur dekat dengan HP dengan keguguran?. Tetapi sebuah jurnal tentang epidemologi mengatakan, setiap organisme yang hidup memiliki sel-sel yang dikelilingi oleh medan electromagnetik. Otak yang punya medan magnet sendiri memiliki peranan penting dalam proses pembelahan sel dan diferensiasi terjadi pada janin.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Epidemiology and Community Health, paparan HP sebelum dan sesudah melahirkan dapat mengembangkan masalah perilaku pada anak. Contohnya anak menjadi hiperaktif dan sering bermasalah dengan teman sebayanya.

Dr. Hugh Taylor dari Yale University School of Medicine membuktikan hal ini dengan uji sampel tikus hamil. Sebanyak 42 sampel tikus hamil didekatkan pada handphone yang aktif menerima sinyal, sedangkan 42 sampel tikus hamil lainnya didekatkan pada HP yang mati dan tidak bisa menerima sinyal. Hasilnya, anak tikus yang induknya terpapar radiasi HP cenderung mengalami penurunan memori dan menjadi hiperaktif. Dr. Hugh Taylor menyamakan perubahan perilaku ini serupa dengan anak-anak yang mengalami ADHD atau attention deficit disorder pada manusia.

Pada otak janin yang sedang berkembang di dalam rahim, sel janin mengalami replikasi yang cepat dan rentan terhadap gangguan dari luar. Termasuk dari paparan radiasi dari HP. Bahkan sekitar 11 persen anak dengan diagnosis ADHD memiliki ibu yang sering main HP saat hamil.

4. HP bisa meledak/terbakar!

Meletakan handphone dekat dengan kita saat tidur dapat mendekatkan diri dengan bahaya. Ini adalah kemungkinan terburuk jika HP bisa menyebabkan terbakar/meledak. Kadang juga kita ketika hendak tidur sering mencharge HP dan mencabutnya ketika pagi hari karena sudah ketiduran, ini bisa berbahaya karena HP sangat mungkin meledak ketika kita meninggalkannya tercolok chargeran semalaman penuh. Ketika lupa mencabutnya, handphone akan menjadi panas. Kemungkinan terburuk terjadi jika terjadi konsleting yang bisa membuatnya meledak, terbakar, bahkan hingga menyebabkan kebakaran. Sudah banyak kasus yang terjadi karena HP terbakar ini, salah satunya adalah HP meledak di RIAU ketika di charge.

Dari bahaya-bahaya diatas, dapat kita simpulkan dan jadikan pelajaran bahwa meletakkan HP di dekat kita ketika tidur bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan kita. Sebaiknya, ketika hendak tidur kita meletakkan HP jauh dari kita misalnya di lemari lalu mematikan HP atau menyalakan mode airplane.
Karena kesehatan adalah penting, maka mari kita jaga kesehatan kita dengan mencegah hal-hal yang dapat timbul, karena mencegah lebih baik daripada mengobati! 🙂

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!