Artikel ini adalah bagian dari sharing saat WFH (Work From Home)

"Melewati ketidakpastian"

by Putri Juwita Shinta Dewi

Salah satu hal yang pasti adalah ketidakpastian (Albert Einsten).
Siapa sih yang nyaman dengan ketidakpastian? Hampir tidak ada yang nyaman namun seperti rumput yang bandel di depan rumah karena tidak bisa dibinasakan maka perlu dibina.
Ketidakpastian menurut yang aku baca dapat memicu Stress dan kecemasan dan hal-hal yang negatif dapat mempengaruhi ketahanan imunitas tubuh. Maka untuk memulai membina ketidakpastian tersebut ada tips tipis-tipis. Tips ini bersifat Best Practice (Cocok di saya belum tentu cocok di kamu dan lingkungan kamu). Sebagai berikut :

TIPS

  • Selalu ingat bahwa segala sesuatu yang diluar rencana kamu adalah rencana Tuhan
  • Selalu Fokus terhadap apa-apa yang bisa kamu kendalikan
  • Membuat rencana perubahan
  • Jangan diem aja, Action apa yang udah kamu rencanain
  • Doa, karena ada kekuatan lebih besar dari kita

Selalu ingat bahwa segala sesuatu yang di luar rencana kamu adalah rencana Tuhan

Tips ini paling nggak membuatku merasa tenang karena yang aku yakini selama ini adalah setiap orang akan diuji oleh Tuhan dan setiap ujian selalu ada jalan. Dimana berarti Tuhan sudah menyediakan jalan untuk aku melewati ujian itu, tinggal aku mencari jalan yang tepat untuk melewati itu.

Selalu Fokus terhadap apa yang bisa kamu kendalikan

Jika fokus ke hal-hal selain yang bisa aku kendalikan, efek yang terjadi pada diriku adalah aku merasa semakin depresi karena akan semakin hal yang tidak pasti akan muncul.
Disaat ketidakpastian muncul, aku daftar apa saja yang aku punya dan bisa aku kendalikan untuk bahan dalam merencanakan tindakan perubahan.

Membuat rencana perubahan

Hati sudah tenang, resource atau bahan untuk melakukan rencana tindakan perubahan sudah terdaftar. Maka hal selanjutnya yang bisa dikerjakan adalah membuat rencana perubahan.
Rencana perubahan atau pembuatan solusi bisa dilakukan dengan banyak metodelogi/framework. Kalau kelas perusahaan bisa pakai framework ISO melalui tinjauan manajemen yang melihat daftar resiko, audit internal dan isu internal eksternal.
Kalau untuk tim kecil bisa pakai Design Sprint / Design Thinking/ Kaizen. Nah kalau untuk pribadi biasanya aku melakukan intropeksi lalu identifikasi masalah sebelum akhirnya menemukan solusi untuk masalah yang aku hadapi secara pribadi.

Jangan diem aja, Action apa yang udah kamu rencanain

Rencana tanpa action bagai memimpikan apel ditangan tapi kita nggak bangun-bangun.

Doa, karena ada kekuatan yang lebih besar dari kita

Kembali lagi bahwa sesuatu yang direncanakan belum tentu mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu Doa menjadi kuncinya lalu proses ini kembali ke Tips pertama serta lakukan evaluasi hasil-hasilnya sebelum melakukan perencanaan kembali.

img_3453

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!