BEDAH BUKU

Melihat suara

by Ranggi Ramadhan

Introduction Facts :

  • Mereka yang memiliki gangguan pendengaran lebih suka disebut tuli dari pada tunarungu. Kenapa ? karena tunarungu diartikan sebagai pendengaran rusak, menunjukkan keterbatasan dari sebuah fungsi. Beda arti dengan tuli yang merupakan istilah budaya atau cara komunikasi yang berbeda.
  • Orang bisu belum tentu tuli, tapi orang tuli sudah pasti bisu/sulit bicara.
  • Teman tuli sebutan untuk orang spesial yang tidak bisa mendengar.
  • Teman dengar sebutan untuk kita orang yang “normal”.

 

Melihat suara

Melalui buku ini Oliver Sacks mempersembahkan petualangan menuju dunia yang menakjubkan dari teman teman tuli. Banyak kejadian yang menggambarkan ketidakadilan yang diterima oleh teman teman tuli. Bahkan hingga hari ini banyak orang yang aku temui belum aware mengenai bahasa isyarat karena bahasa isyarat bahasa yang kurang “nyata” seperti bahasa Indonesia atau Inggris.

Bagian pertama buku, Sacks menceritakan mengenai bagaimana teman tuli mendapati bahasa isyarat selama periode abad 18. Berjalan hingga 100 tahun kemudian muncul teori yang kurang tepat di dunia pendidikan yang menyebutkan akan lebih baik jika mereka belajar untuk berbicara seperti orang normal. Sangat sulit membaca bagian ini tanpa merasakan sedih dan marah disaat yang bersamaan.

Sacks menunjukkan terlahir sebagai tuli itu sangat berat dan berpotensi membuat frustasi, karena anak tuli tidak dapat mendengar orang berbicara dan mengakibatkan mereka tidak bisa belajar berbicara, sehingga mereka kehilangan akses menuju bahasa, komponen yang penting dalam hidup kita.

Namun yang aku pahami pada akhirnya bahasa tidak harus berupa ucapan, melainkan bisa berupa visual, dan orang tuli menghasilkan bahasa visual, bahasa isyarat, di mana pun mereka berada dan  dimana pun mereka bertemu.

“Saya tidak tahu menahu tentang tuli… Tidak tahu dan tidak peduli”

Sejujurnya aku sendiri relatif tidak tahu tentang tuli, mungkin karena aku tidak mengenal mereka hingga beberapa tahun yang lalu. Aku bertemu gadis remaja tuli yang saat ini menjadi adikku, Dia selalu membuatku penasaran dan sangat ingin tahu tentang dunia senyap miliknya.

Banyak pelajaran yang aku dapatkan dari buku ini, menceritakan perjuangan mereka untuk diterima masyarakat sangat kuat dan pedih, dan membuatku kembali ingat nikmat tuhan mana lagi yang ingin didustakan ?

 

Referensi :

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!