Memahami diri sendiri | Growth Mindset

Photo by Laurenz Kleinheider on Unsplash
Photo by Laurenz Kleinheider on Unsplash

Saya dulu sempat mengalami keresahan karena sering kali mendegar beberapa teman sekitar atau bahkan diri saya sendiri berkata "ah itu karena bawaan dia dari lahir udah pinter, gabisa kita jadi kaya dia"

Sebenenernya itu adalah sebuah pola pikir yang keliru.

Saya ingin bercerita tentang fixed mindset dan growth mindset, yaitu pola pikir yang menentukan bagaimana kalian kedepannya, kita mulai dari fixed mindset terlebih dahulu.

Fixed Mindset

Sebuah pola pikir dimana bakat sesorang sudah bawaan dari lahir, dan kalian yang tidak memiliki bakat tersebut tidak akan bisa untuk melakukannya, orang dengan fixed mindset percaya kalau kecerdasan, bakat, kualitas adalah hal yang tetap dan tidak bisa diubah. Oleh karena itu, sudah jelas pola pikir ini disebut dengan fixed mindset, karena terpaku terhadap ketetapan dan tidak bisa dirubah.

Growth Mindset

Growth mindset ini kebalikan dari fixed mindset yang kaku tadi, orang dengan growth mindset memiliki kepercayaan kalau bakat seseorang bisa didapat dan di tingkatkan dengan berlatih dan belajar.

Orang yang memiliki pola pikir seperti ini percaya kalau dengan belajar ia akan menjadi individu yang lebih baik setiap harinya, karena sejatinya otak kita terus berkembang selama kita tetap hidup.

Tips

Untuk mengembangkan growth mindset agar lebih powerful, kita harus tau jati diri kita itu seperti apa. Yang tau luar dalem diri kita ya diri kita sendiri. Ada beberapa hal yang perlu kita tanyakan kepada diri kita sendiri, yaitu:

  1. Siapa diri saya?
  2. Apa identitas dari diri saya?
  3. Apa status saya?
  4. Visi dan misi yang ingin saya raih?
  5. Apa keahlian saya?
  6. Apa keinginan dan cita cita saya?

Setelah kita mengetahui jawabanya, pasti pola pikir kita akan lebih berkembang, akan lebih semangat, dan tentunya mempunyai tujuan yang jelas.

Mindset is Everything

Saya ingin bercerita tentang pengalaman pribadi saya, dan saya rasa ini relate sama Growth Mindset.

Dari sd saya sudah suka yang namanya technology, ntah itu game atau apapun yang berbau technology. Ya wajar karena kebanyakan anak waktu sd waktunya dihabis kan untuk bermain, termasuk saya salah satunya. Waktu itu saya masih sempat main metal slug ntah itu tahun berapa wkwk. Lost saga, dragonest, kalau lagi troule internet nya ya main left 4 dead, anak warnet pasti tau wkwk.

gambar lost saga

Setelah saya lulus SD, lalu naik ke tingkatan yang lebih tinggi yaitu SMP, ya masa langsung sma wkwk, di masa transisi inilah saya mulai berkembang dengan dunia yang lebih baru dan lebih luas.

Dulu waktu SD saya suka bermain game, lalu saat smp saya tetep suka, tapi ada sesuatu yang beda, saya ingin memodif game yang ada ,di hp saya, agar fitur yang terkunci di game tersebut terbuka semua wkwk.

Ya wajar waktu smp kaya gitu karena dari sd kalau kita maen GTA San andreas aja pasti ngecheat wkwk, gamungkin engga, meskipun cuma sekali itu sama aja pernah :v.

1_L-LMiGWFmfHwqG_tEIDc-Q

Self Change

Yap betul framaroot, itu adalah tools untuk nge root android kita pada jamannya wkwk. Waktu itu jika ingin memodif game atau aplikasi lainnnya kita harus membutuhkan akses root. Contoh aplikasi cheat game kaya ga*me guar*dian, terus biasanya pakai luc*ky patch*er , dll.

Habis belajar tentang root android dan sebagainya tersebut, saya mulai iseng coba install install custom rom untuk android. mulai dari sini saya sudah jarang bermain game wkwk. Dari sini saya sering dimintain bantuan oleh teman saya, untuk memperbaiki hp jika bootloop atau lupa password.

Foto instgram saya @brianyukooo

Akhirnya saya waktu smp itu membuka bisnis servis hp kecil kecilan, alhamdulillah servis tersebut bisa berjalan sampe saya lulus SMA, dari uang tersebut saya bisa beli Hp sendiri, dan bisa jajan wkwk.

Berkat keingintauan saya akan sesuatu hal, masalah yang saya hadapi , solusi yang harus saya cari, saya harus belajar apa, dari situlah pola pikir saya bisa berkembang dan bisa membuka bisnis servis hp tadi :v.

Semoga bermanfaat and Have a Nice Day!

Dapatkan insight dari cerita saya yang lain!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!