Apa artinya menyatu dengan alam ?

Apakah kamu pernah merasakan energy booster atau perasaan happy setelah jalan-jalan di taman atau bahkan berjalan diantara buku-buku di perpustakaan atau gramedia ? Buku, meskipun banyak orang tidak berpikir demikian, merupakan bagian dari pepohonan, bahan baku alami. Sudah menjadi sifat alamiah kita untuk menyatu dengan alam. Pada dasarnya tubuh kita memiliki daya elektromagnetis yang cukup besar. Dengan menyalurkan daya elektromagnetis yang kita miliki ke alam membuat tubuh menjadi lebih stabil dan seimbang, yang pada akhirnya membuat kita merasa lebih enteng dan relax.

Bagaimana cara kerjanya ?

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, tubuh kita merupakan konduktor listrik, ketika kita menyatu dengan alam (bumi), kita menyamakan energi listrik tubuh kita di level yang sama dengan alam. Dan kita, sebagai makhluk hidup merupakan bagian besar dari Bumi. Energi yang mengalir dalam tubuh kita dipengaruhi oleh banyak hal, seperti contohnya racun, parasit, infeksi, pikiran negatif dan emosi. Secara fisik, organ-organ vital dalam tubuh bisa terpengaruh oleh energi yang kita miliki, jika banyak energi negatif maka tubuh kita bisa menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Secara mental, emosi dan level spiritual, energi negatif bisa membuat kita stress dan lebih buruknya bisa menyebabkan depresi.

Sama halnya dengan listrik yang ada dirumah, ketika tidak digrounding maka bisa membuat listrik tidak stabil dan terbuang tanpa terkendali. Energi seperti listrik, perlu di-ground(disatukan dengan alam/bumi) agar bisa kita gunakan dengan maksimal sehingga memungkinkan kita untuk fokus pada kesehatan dan tujuan hidup kita.

Tanpa energi yang tak terbatas ketika connect dengan alam, tanpa disadari energi mental, fisik dan spiritual akan terkuras menyebabkan kita gagal jalan kedepan untuk mencapai mimpi.

Grounding juga merupakan selangkah menuju healing (penyembuhan diri). Kegiatan ini mebuat kita fokus dan melapangkan pikiran, tubuh dan jiwa. Ada banyak jalan melakukan grounding, saya yakini kegiatan sholat juga merupakan salah satu cara kita menyatu dengan alam (bumi), terutama saat kegiatan sujud kita lakukan. Menyatu dengan bumi menciptakan perasaan aman, perasaan hangat, dan dapat menenangkan pikiran, tubuh dan jiwa.

Waktunya exercise

Sebagaimana dilansir the golden space indonesia dalam salah satu artikelnya, berikut adalah cara sederhana melakukan grounding (menyatu dengan alam), dengan sedikit modifikasi :

  1. Temukan tempat dimana kita bisa berdiri atau duduk dengan tenang dan disitu kita merasa ada ikatan kuat dengan bumi. Biasanya cara terbaik adalah tanpa menggunakan alas kaki berdiri diatas rumput atau tanah. Tapi jika masih belum ada akses seperti itu untuk saat ini bisa dengan duduk dilantai atau duduk dikursi dengan kaki menyentuh lantai.
  2. Tutup mata dan rileks, tarik napas dalam dan perlahan dengan kondisi nyaman. Bernapas dalam 6 kali hitungan kemudian tahan lalu hembuskan, lakukan berulang sampai terbiasa (natural). Setiap kali menghembuskan napas rasakan tensi dari kepala terus menerus hingga ujung kaki keluar bersama napas yang kita hembuskan.  
  3. Fokus hanya pada napas yang kita hembuskan, rasakan dengan tenang.
  4. Ketika sudah siap undang cinta dari alam untuk masuk melalui kaki, mengisi tubuh dan jiwa kita.
  5. Rasakan tanah dan alam sekitar dengan lembut membungkus pikiran dan hati kita. Fokus pada keberadaan tubuh kita. Istirahat dalam pelukan ibu pertiwi untuk beberapa menit.
  6. Ucapkan terimakasih pada alam, karena mengijinkan kita bereksplorasi dan melakukan koneksi dengan mereka.
  7. Ketika sudah siap, gerakkan ujung jari tangan dan kaki. Buka mata dan lakukan peregangan.
  8. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh harusnya hati, jiwa dan pikiran kita akan menjadi lebih tenang.

Sumber : https://thegoldenspaceindonesia.com/2018/02/21/the-earth-connection/

Foto – foto saat bergrounding

Bersama keponakan yang ikut bermeditasi

Foto adik yang terdoktrin untuk melakukan meditasi

Selamat Mencoba 😀

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!