merapihkan file komputer dengan metode konmari?

Metode Konmari cenderung dengan beberes rumah maupun barang barang pribadi, namun metode ini juga dapat kita implementasikan pada dokumen-dokumen atau file-file pada komputer kita, lho.

 

Sebelumnya apa sih metode konmari itu?

Pada dasarnya, metode konmari adalah sebuah gaya hidup/lifestyle dan cara berpikir untuk mendorong diri menghargai hal-hal kecil sehingga mendatangkan kebahagiaan dalam hidup. Metode ini pertama kali dikenalkan oleh ahli gaya hidup asal Jepang, Marie Kondo melalui buku yang ia tulis berjudul "The Life-Changing Magic of Tidying Up" yang diterbitkan pada tahun 2011.

Selain untuk membereskan barang-barang di rumah, kita juga bisa merapihkan file pada komputer kita menggunakan metode ini. Tujuannya apa sih? tentu saja agar file-file kita lebih tertata rapi dan kita tidak kebingungan karena banyaknya file kita yang menumpuk di satu tempat dan tentunya agar pada saat kita bekerja jadi lebih efektif dan nyaman.

 

 

“Perubahan kecil bisa mengubah hidup kita seluruhnya.”

- Marie Kondo -

Caranya?

Lihatlah bagaimana terlihat ramai dan berantakannya file pada gambar ini. File yang tidak tertata rapi dan terorganisir penyimpanannya bisa membuat kita merasa bingung dan sumpek. 

Yang pertama yaitu kita rapikan atau sortir file-file kita dan memisahkannya ke masing-masing folder yang sekelas/sejenis. misalnya file CV kita simpan ke dalam folder "WORK", lalu file-file perkuliahan kita simpan ke dalam folder "CAMPUS", begitu pula file-file lain yang sejenis.

Selain mensortir file ke dalam folder, menghapus file-file yang dirasa tidak penting atau tidak dibutuhkan lagi bisa jadi dilakukan atau apabila takut dan ngerasa sayang sama file-file yang sudah tidak penting, bisa kita taruh di folder sendiri misalnya dengan nama "Backup" dan lain-lain.

Ada juga untuk penamaan folder harus diketik dengan jelas, jangan asal membuat folder baru lalu langsung enter yang membuat nama folder otomatis menjadi "New Folder", "New Folder (2)", dst. Hal ini justru dapat membuat kita kebingungan saat mencari file tertentu karena keterangan nama folder tidak jelas. Kasihlah nama folder yang sesuai dengan jenis/kelasnya misal folder Foto Pribadi, Dokumentasi, dll.

Gambar di atas adalah hasil dari metode konmari yang sudah diterapkan pada komputer pribadi. Terlihat lebih rapi dan tidak bikin bingung bukan?

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!