Mindset adalah pola pikir atau kebiasaan cara berpikir dalam suatu bidag. Mindset juga dapat dikatakan sebagai sikap mental mapan yang dibentuk melalui pendidikan, pengalaman dan prasangka.

Menurut Carol Dweck (2006)  terdapat dua jenis dari mindset, yakni:

Fixed Mindset (Mindset Tetap)

Mindset tetap (Fixed Mindset) ini berdasarkan terhadap kepercayaan bahwa kualitas seseorang telah ditetapkan. Apabila seseorang mempunyai beberapa intelegensi tertetnu,

Growth Mindset (Mindset Berkembang)

Mindset berkembang atau growth mindset ini berdasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas-kualitas dasar seseorang adalah hal-hal yang bisa diolah dengan usaha-usaha tertentu.

Diatas adalah contoh perbedaan dari fixed minset dengan growth mindset. Orang yang fixed mindset cenderung mudah menyerah tanpa melakukan usaha terlebih dahulu, mereka sudah menyerah diawal karena mereka yakin bahwa yang didapatkan oleh mereka tidak dapat diubah dan seakan akan menjadi sebuah hak paten.

Sedangkan orang yang berfikiran growth mindset, mereka cenderung pantang menyerah, merekan akan terus berusaha karena bagi mereka kegagalan adalah peluang untuk berjuang kembali bukan utuk menyerah seterusnya. Orang growth minset memiliki keinginan yang dan keyakinan yang kuat agar mereka dapat berkembang, mereka cenderung selalu berpikiran positif dalam segala hal yang akan mereka lakukan.

  • Fixed Mindset : “Kegagalan adalah batas akhir kemampuan dan perjalanan saya”
  • Growth Mindset : “kegagalan adalah peluang untuk bangkit dan bertumbuh”
  • Fixed Mindset : “Tuh kan hasilnya jelek, saya memang nggak bakat mengerjakan hal ini”
  • Growth Mindset : “Ko hasilnya bisa jelek? Proses apa yang saya lewatkan? Saya harus cek dan perbaiki lagi”

Sebagia contoh lagi adalah. Orang-orang yang memiliki settingan pikiran tetap (fixed mindset) cenderung sangat mementingkan ijazah dan gelar sekolah, sedangkan mereka yang tumbuh (growth mindset) tetap menganggap dirinya “bodoh”. Baginya ijazah dan IPK hanya merupakan langkah kemarin, sedangkan masa depan adalah soal impak: apa yang bisa Anda diberikan atau dilahirkan. Maka sekarang berusahalan menjadi orang yang growth mindset. Tetaplah focus dengan apa yang kamu tuju , stay positif , jangan mudah menyerah , learning by doing.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!