RUBRIK TEKNO

Passwordmu pernah dibobol hacker ? Ekstensi chrome ini bisa bantu kamu

by Ranggi Ramadhan

Kalau kamu punya lebih dari satu akun online (biasanya sih begitu), dan kamu sudah menggunakan internet lebih dari beberapa tahun, ada kemmungkinan paling tidak beberapa password akun kamu disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Terbukti : Seperti yang dilansir detik, ada database raksasa berisi kombinasi email dan password yang berhasil dicuri.

Sekarang ada cara mudah dan aman untuk mengecek apakah password kita termasuk dalam database tersebut atau enggak, kita bisa gunakan ekstensi chrome bernama Password Checkup.

Ekstensi ini dibuat oleh Google dan sangat mudah untuk digunakan. Sekali klik dan install, ekstensi ini akan ngecek apakah password yang kamu pakai aman saat melakukan login ke sebuah website. Jika tidak kamu akan diberi notifikasi kalau salah satu password yang kamu gunakan sudah dibobol dan perlu diganti.

Password kamu tidak pernah bisa dilihat oleh Google (password yang disimpan itu berupa hash karakter), dan Google mengklaim jika ekstensi tersebut “tidak akan pernah memberikan report mengenai informasi terkait akun, password, atau perangkat yang kamu gunakan.”

Begini tampilan, jika semua password kamu aman

Ekstensi ini adalah alat yang sangat berguna bagi siapapun yang aware terkait keamanan dan privasi di dunia maya. Menggunakan password yang sudah dibobol sangat berbahaya, sama dengan kita menyimpan bom waktu yang menunggu waktu untuk meledak.

Kalau kamu pernah tahu, sudah ada alat untuk mengecek bernama https://haveibeenpwned.com , tapi ekstensi chrome ini layak kamu coba karena mudah digunakan.

Kamu bisa install Password Checkup secara gratis melalui Chrome Web Store.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!