Di dunia ini, ada orang terlahir dengan orang tua yang punya mobil, dan ada yang tidak. Ada yang berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi, ada pula yang tidak. Ada negara yang mempunyai cadangan minyak yang sangat banyak, ada juga yang tidak. Dapat kita katakan bahwa semua orang memiliki resource yang berbeda-beda. 

Namun, ada satu resource yang diberikan sama setiap orang (tidak peduli status sosial, negara tempat tinggal nya) yaitu waktu. Setiap orang diberikan waktu dengan kuantitas yang sama yaitu 24 Jam setiap harinya. Ada yang dipakai buat menonton tv, membaca, olahraga, main game. Cara setiap orang menghabiskan waktunya lah yang menentukan kesuksesan mereka dalam meraih apa yang mereka impikan.

Brian Tracy, dalam bukunya “ Master your time, Master your life” membagi waktu menjadi 

1. Waktu perencanaan Strategis dan Penetapan Tujuan

Waktu dimana kita membuat suatu rencana strategis terhadap tujuan yang ingin kita capai. Di dalam dunia kerja, biasanya membuat planning minggu ini apa yang akan dikerjakan, begitu juga planning harian berisi mengenai list apa saja yang akan diikerjakan hari ini.

2. Waktu Produktif – Menyelesaikan Lebih banyak

Waktu dimana kita bisa menghasilkan karya lebih banyak dibandingkan waktu lainnya. Waktu ini terjadi ketika kita lagi on fire dan fokus mengerjakan pekerjaan/karya kita.

3. Waktu Peningkatan Pendapatan

Waktu dimana kita bisa meningkatkan pendapatan kita, bisa dengan cara membaca buku, berlatih hal baru. Belajar istilah mengenai investasi, saham, reksadana juga termasuk dalam waktu ini

4. Waktu Luang

Salah satu waktu terpenting yang jarang dipikirkan atau dihiraukan. Waktu luang tersebut akan seringkali mempengaruhi kesuksesan. Waktu luang bisa diisi dengan aktivitas yang disukai atau aktivitas untuk investasi masa depan.

5. Waktu Kerja

Sesuai dengan namanya, waktu ini merupakan waktu dimana kita lagi bekerja di lapangan maupun di kantor. Berdasarkan hasil penelitian, ada 7 pembuangan waktu di dunia kerja yaitu

  1. Gangguan Telepon, Email dan SMS
  2. Tamu tak terduga
  3. Rapat
  4. Penanganan Masalah Mendesak
  5. Penundaan
  6. Bersosialisasi dan Percakapan Tidak Penting

6. Waktu Kreatif

Suatu gagasan dapat merubah hidup kita, mengubah menjadi kaya, dan semakin baik kita merencanakan dan mempersiapkan gagasan tersebut, semakin mungkin kita bisa mewujudkannya. Oleh karena itu waktu kreatif ini bisa digunakan untuk membuat perbedaan dalam hidup.

7. Waktu Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sering menjumpai dengan permasalahan, kendala, dan kegagalan. Waktu ini merupakan waktu dimana kita memikirkan cara menyelesaikan suatu masalah dan keputusan apa yang harus diambil.

8. Waktu Bersama Keluarga dan Orang di Sekitar Kita

Waktu ini dimana kita menghabiskan waktu bersama keluarga, orang di sekitar kita maupun orang yang kita cintai untuk berbagi cerita dan bercengkrama. Waktu bersama orang-orang tersebut mungkin akan menentukan 85% kesuksesan anda

9. Waktu Istirahat dan Santai

Setelah seharian penuh kita bekerja, sekolah, atau kuliah, maka tibalah waktunya kita istirahat dan santai sejenak untuk mengisi kembali daya yang sudah hilang.

10. Waktu Tenang

Jenis waktu ini  mencakup pengembangan spiritual, kesadaran, kontemplasi, kesendirian dan meditasi.

Gimana ? dari 10 jenis waktu di atas, kalian punya jenis waktu yang mana aja ? Kalo punya semuanya, mantap dah. Kalo kurang tinggal ditambahkan lagi aja ya… Semangat….

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!