BEDAH BUKU

Perilaku Organisasi - Part 1

by Ranggi Ramadhan

Heyo! Balik lagi setelah sekian lama vakum melakukan bedah buku, kali ini bacaannya lumayan abot. Judul bukunya adalah Perilaku Organisasi oleh Stephen P. Robbins.

Versi yang aku baca adalah versi terjemahan dari buku asli yang judulnya Organizational Behaviour, karena babnya ada lebih dari 10 di artikel ini akan kutuliskan apa yang aku peroleh setelah membaca BAB I. Selamat menyimak yes!

 

PENGERTIAN PERILAKU ORGANISASI

Mari kita jabarkan satu persatu,

perilaku menurut KBBI

Sedangkan organisasi merupakan suatu perkumpulan orang yang saling bekerja-sama untuk mencapai tujuan bersama . Jadi perilaku organisasi merupakan pembelajaran tentang suatu sifat/karakteristik individu yang tercipta ketika berada di lingkungan suatu organisasi.

Karena pada hakikatnya manusia berbeda - beda karakteristik, maka perilaku organisasi berguna untuk mengetahui sifat - sifat individu dalam berkinerja di suatu organisasi. Pembelajaran perilaku organisasi akan mengetahui tentang cara – cara mengatasi masalah - masalah yang ada di lingkungan organisasi.

 

DIMENSI POKOK TEORI ORGANISASI

Dimensi teknis, dimensi teknis yaitu dimensi yang menekankan pada kecakapan atau kemampuan seseorang yang dibutuhkan untuk menggerakkan organisasi.

Dimensi ini berisi keahlian-keahlian dibidang teknis atau orang yang ahli dan mempunyai kemampuan yang diperlukan untuk menggerakkan organisasi.

Dimensi konsep, yaitu sebuah rancangan khusus yang dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan sebuah organisasi, artinya setiap gerak atau kegiatan yang akan dilaksanakan tetap mengacu pada pedoman yang telah dibuat oleh seluruh atau sebagian anggota organisasi yang mempunyai wewenang.

Selain itu juga, dimensi konsep ini merupakan motor penggerak dari dimensi pertama dan amat erat hubungannya dengan dimensi ketiga yakni dimensi manusia.

Dimensi manusia, adalah dimensi yang paling utama dalam sebuah organisasi karena tanpa adanya dimensi manusia,maka otomatis suatu organisasi tidak akan pernah ada.  Namun, tetap saja dimensi manusia tidak akan berfungsi secara utuh jika dimensi teknis dan konsep tidak ada.

 

KERANGKA DASAR KONSEP PERILAKU ORGANISASI

Kerangka dasar pada perilaku organisasi terletak pada dua komponen, yang pertama merupakan individu-individu yang berperilaku. Nah, ini ditinjau darimana ? dari perilakunya, baik  secara individu, kelompok, maupun organisasi.

Komponen yang kedua adalah organisasi formal sebagai wadah dari perilaku itu. Yaitu sebagai sarana bagi individu dalam bermasyarakat ditandai dengan keterlibatannya pada suatu organisasi dan bagaimana mereka menjalankan perannya dalam organisasi tersebut.

Perilaku Organisasi adalah bidang studi yang menyelidiki dampak perorangan, kelompok, dan struktur pada perilaku dalam organisasi dengan maksud menerapkan pengetahuan semacam itu untuk memperbaiki keefektifan organisasi. (Stephen P. Robbins).

PENUTUP BAB INI

Perilaku organisasi sangat penting digunakan dalam ruang lingkup keorganisasian, karena melalui konsep perilaku organisasi kita dapat mengetahui karakter para pelaku atau orang-orang yang terlibat dalam suatu organisasi.

Perilaku organisasi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dalam kelompok organisasi yang berhubungan langsung dengan ilmu - ilmu yang lainnya.

Buku ini merupakan metode bantuan teknis dan praktis dalam pelaksanaan teori teori organisasi dan manajemen dengan tepat guna.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!