Setelah melihat video Growth mindset saya dapat menyimpulkan bahwa Growth Mindset adalah karakter atau tipe orang yang tidak mudah menyerah. Mereka ini condong berpikir positif tentang kemampuan mereka dan mampu memperbaiki diri dengan melihat sisi kelemahannya dalam segala hal. Kebanyakan orang dengan cara berpikir growth mindset percaya bahwa kemampuan seseorang itu adalah dinamis dan bisa diperbaiki dengan usaha yang baik. Sebagai contoh, mereka yang tergolong dalam growth mindset ketika mengalamj kegagalan akan kembali mencoba dan belajar dari kesalahan atas kegagalannya. Motivasi mereka akan muncul karena tingkat kepercayaan akan kemampuan mereka selalu mengarah ke sisi positif.

Growth Mindset ini dapat ditanamkan mulai dari kita sendiri berawal dengan kita selalu berfikiran potif terhadap segala sesuatu jangan mudah suudzon terhadap segala sesuatu dan kita menanamkan sikap dan sifat tersebut mulai dari sekarang karena itu akan mempengaruhi segalanya yang menimpa terhadap kita. kecendrungan seseorang menjadi bagian dari growth mindset atau fixed mindset bisa disebabkan dari pola asuh yang salah ketika kecil. Banyak sekali orang tua yang salah mendidik anak sehingga mereka banyak yang terjebak dalam dunia fixed mindset. Beberapa diantaranya seperti mengharapkan anak mendapatkan nilai bagus di sekolah tanpa melihat proses bagaimana seorang anak mendapatkan nilai tersebut. Dalam teori growth mindset seharusnya seorang pendidik (orang tua khusunya) harus menghargai proses belajar seorang anak ketimbang hasil yang dicapainya. Ketika orang tua menghargai anak akan usahanya maka ia akan termotivasi untuk berusaha lebih keras.

Bagaimana Mindset Berkerja ?

  1. Saat menghadapi kegagalan -> Dalam menghadapi kegagalan, perbedaan mindset akan mempengaruhi perbedaan responmu. Satu kegagalan sudah cukup menyimpulkan bahwa tidak ada hal lain yang bisa kita perbuat untuk merubah hal itu. Gagal ya gagal, no need to waste more time!
  2. Ketika menghadapi tantanga -> Seseorang dengan fixed mindset memandang tantangan hanya sebagai cara yang valid dalam menentukan apakah dirinya berbakat atau tidak.

That’s why sering sekali mereka selalu mencari pembenaran, mencari teman atau orang-orang yang juga gagal dalam tantangan yang sama.

Mereka hanya mau mencari alasan dan pembenaran bahwa sebenarnya mereka masih termasuk orang yang bertalenta.

itulah cara kerja Mindset kita sehari-hari, sampai sini saja artikel saya untuk Growth Mindset Terima kasih telah membacanya

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!