Sukiyaki Lockdown

Sukiyaki Lockdown

Yak, Ehm baiklah, oke then ada banyak aktivitas disaat dirumah aja. Selain pastiii, bekerja didepan laptop seharian, saya juga meluangkan waktu untuk aktivitas lain seperti olahraga ringan, belajar, mangan, turu dan nel*k (red: cari inspirasi).

Nah inilah salah satu kegiatan yang saya lakukan saat WFH, yaitu bikin masakan spesial! Bagian saya dalam proyek ini adalah bagian mencicip. Yaiyalah cicip aja, skill masak saya itu masak air.

Tapi tenang yak, ini resepnya saya bagikan, sapa tau kamu mau bikin sendiri, atau minta bikinin bebeb #Opsi yang saya pilih, cause its ez pz lemon squezzy.

Bahan dasar sukiyaki

Seperti yang kamu liat disamping. Bahan bahan utama sukiyakinya beli online di Shoope. Ada crabstick, chikuwa, bakso ikan, sembarang kalir wakeh pokoke.

Ramban koyok pakcoy dan udang beli di mlijo pas pagi pagi lewat.

Lebih lengkapnya gasslur, scroll kebawah untuk lihat cara buat Sukiyaki Lockdown

Resep Sukiyaki Lockdown

Sukiyaki Lockdown

Persiapan: 5 menit     Waktu masak: 30 menit     Hidangan: 3-4 porsi

Deskripsi:

Tipikal makanan ora bendino, pisan pisan kalo sedang pingin. Terinspirasi dari orang-orang korea yang makan pakai panci umup didepan mata. Rasanya swueger, gurih, umami.

Bahan-bahan:

  • Baso ikan
  • Crabstick
  • Chikuwa
  • Jamur enoki
  • Pokcoy
  • Udang
  • 2 Batang serai
  • 4 Lembar daun jeruk
  • 10 Cabai merah
  • 5 Cabai rawit
  • 1 Buah tomat
  • 4 Siung bawang merah
  • 4 Siung bawang putih
  • 1 Buah jeruk nipis
  • Daun bawang
  • Jahe
  • Lengkuas
  • Gula
  • Garam
  • Micin

Langkah:

  1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih. Kemudian tumis dengan daun jeruk, jahe, lengkuas dan serai yg sudah digeprek hingga wangi dan berubah warna menjadi kemerahan.
  2. Rebus air dengan 1 batang serai. Di panci lain, rebus udang (jangan terlalu lama). Jika rebusan air dengan serai sudah mendidih, angkat kemudian tambahkan kuah kaldu udang, tanpa udangnya.
  3. Jika rebusan air dan kaldu udang sudah tercampur dan mendidih, masukkan bumbu halus. Tunggu sampai mendidih, masukkan udang, irisan tomat, daun bawang. Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa.
  4. Rebus baso ikan, ckihuwa, crabstick, pakcoy, enoki di panci lain (untuk menjaga bentuk agar tidak terlalu mengembang dan tidak lembek/terlalu matang)
  5. Sajikan baso ikan dll ke dalam mangkok, siram dengan kuah tomyum.

Silakan dicoba reks, dimakan pas cuaca panas - panas, beh suwegerr.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!