Tentang Harapan Seorang Putri Bungsu 5 Tahun Ke-Depan

Berbicara tentang kehidupan terkadang memang sangat berat. Ada banyak harapan dan tujuan yang ingin dicapai. Bagaimana kehidupan yang dijalani terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh diri sendiri maupun orang lain. Ekspektasi orang lain yang seringkali membebani pikiran kita dan harapan yang terkadang terasa sulit untuk digapai. “Ah 5 tahun waktu yang cukup panjang” ucap ku 5 tahun sebelumnya yang tidak terasa sudah ku lewati 5 tahun tersebut. Aku berharap hal tersebut tidak nyata karna aku merasa aku sudah menyia-nyiakan 5 tahun ku sebelumnya.

Orang-orang mengatakan waktu itu sangat berharga, dan orang-orang mengatakan waktu itu adalah uang. Aku tidak percaya saat itu, “Mana mungkin waktu bisa di analogi kan sebagai uang? Aneh sekali” ucap ku menyepelekan waktu. Memang benar, kita akan merasakan suatu hal berharga saat kita sudah kehilangan hal tersebut. Menyesal? Tentu. Tapi apa boleh buat? Masa tersebut sudah ku lewati dan aku tidak bisa pergi ke masa lalu untuk menyadarkan diriku pada saat itu. Hal yang bisa ku lakukan saat ini hanyalah berusaha dan berharap 5 tahun ke depan aku bisa menggapai mimpi ku dan tujuanku akan terlaksana.

Awalnya memang aku ingin sekali menjadi seorang pramugari yang bisa terbang  di atas langit dan memakai pakaian cantik sambil tersenyum ramah kepada para penumpang di pesawat. Mungkin mimpi itu masih bisa aku kejar di umurku yang tergolong masih muda ini, tapi rasanya akan sulit dan too good to be true. Sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara kini tujuanku sudah berubah dari yang sebelumnya ingin memakai seragam cantik menjadi seorang wanita karir yang memiliki banyak bakat dalam banyak bidang. Saat ini aku merupakan mahasiswa semester 5 dan aku berkuliah dengan jurusan Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata. Jurusan yang sangat berkaitan dengan mimpi ku bukan? Tetapi saat ini aku sedang mencari banyak ilmu diluar apa yang aku pelajari di kampus, dan ya, aku saat ini sedang magang di perusahaan IT. Mempelajari tentang banyak hal yang tidak aku ketahui sebelumnya, sangat awam dan benar-benar memulai dari 0. Awalnya takut untuk mencoba karna khawatir aku akan menjadi beban, tapi setelah bertemu mentor yang mengajari aku rasanya lega, karna aku diperlakukan dengan sangat baik dan hal itu membuatku giat untuk terus belajar.

Magang  ini akan berakhir di akhir tahun 2023, dan pada tahun 2024 aku akan memulai petualangan baru. Tahun depan aku akan resmi menyandang gelar A,Md., Li. Ya, aku adalah seorang mahasiswa D3 di salah satu kampus di Jember yaitu Politeknik Negri Jember. Takut dan bingung adalah hal yang terlintas di kepala ku jika memikirkan apa yang akan terjadi pada tahun 2024. Tapi tujuan pertama ku adalah lulus tepat waktu dengan IPK yang memuaskan, dan aku harap akan ada keluarga yang datang saat aku wisuda nanti. Banyak orang bertanya setelah aku lulus D3 nanti  apakah akan lanjut studi ke S1 atau bagaimana? Sebenarnya aku suka belajar dan tentu ingin melanjutkan studi ku sampai gelar sarjana. Tapi tidak, aku  rasa aku bisa melanjutkan studi ku setelah aku mendapatkan pekerjaan yang aku inginkan. Selain ingin hidup mandiri, rasanya aku tidak enak karna terus membebani orang tua yang sudah tua.

Pekerjaan yang aku inginkan setelah lulus nanti sangat berkaitan dengan jurusan ku saat ini. Aku ingin menjadi seorang pemandu wisata dan berbicara dengan banyak orang tentang pengetahuan yang ku miliki karna aku  sangat suka berbicara didepan orang dan berbagi tentang pengetahuan yang ku miliki. Mungkin mimpi ku ini akan berubah seiring dengan berjalan nya waktu, terlebih saat ini aku akan mempelajari dunia teknologi. Bisa saja pekerjaan impianku berubah menjadi seorang web developer atau seorang programmer? We never know. Di umurku yang ke 20 nanti, aku harap aku bisa mendapatkan pekerjaan yang ku impikan dan bisa menabung untuk melanjutkan studi ku untuk menggapai gelar sarjana dengan jerik payahku sendiri. 5 tahun ke depan di tahun 2028, usia ku tepat menyentuh angka 25, quarter life crisis yang sangat aku khawatirkan. Membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain dan selalu tidak puas dengan banyak hal yang diri kita sendiri sudah lalui.

Tapi aku harap sebelum usia ku menyentuh 25 tahun, aku memiliki pekerjaan yang settle di bidang yang aku suka  dan bisa membuat orang tua ku nyaman di masa tua nya. 5 tahun ke depan aku akan fokus dengan karir dan aku harap aku bisa memahami diri ku sendiri dengan tidak meremehkan diri ku. Aku yakin aku bisa. 5 tahun ke depan aku akan kembali melihat ketikan ku di bulan Agustus tahun 2023 ini seraya menangis. Entah menangis bahagia atau menangis haru karna ambisi ku di tahun ini. 

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.