Emotions and purpose in life

"The Power Of Emotions For Build Your Purpose In Life"

Emosi merupakan keadaan yang sangat normal terjadi pada setiap manusia. Adanya emosi meyebabkan seseorang merasakan senang, sedih, aman, takut, semangat dan sebagainya.Emosi terbagi menjadi dua jenis yaitu emosi negative dan emosi positif. Emosi memiliki kaitan yang cukup erat dalam pencapaian tujuan hidup.

Sebelum kita mengenal lebih dalam terkain pengaruh emosi terhadap tujuan hidup kita perlu memahami emosi positif dan negative serta dampak dan solusinya.

Apa itu emosi posistif?

Emosi positif ialah respon yang timbul akibat adanya stimulus atau rangsangan dalam konteks hal yang positif, misalnya memperoleh hadiah atau memenangkan sebuah kompetisi sehingga memunculkan emosi senang atau gembira. Namun, bukan berarti jika kita sedang mengalami emosi yang positif kita hanya membiarkan saja dan tidak peduli untuk mengontrolnya. Padahal, segala emosi yang timbul pada setiap orang jika terjadi dengan intensitas yang berlebihan tentunya tidak baik bagi kesehatan mental. Misal, perasaan bahagia yang muncul secara berlebihan dapat membuat kita menjadi kurang produktif, karena tingkah laku kita akan menjadi lebih santai ketimbang biasanya.

Apa itu emosi negative?

Emosi negatif merupakan respon yang timbul disebabkan dari stimulus atau rangsangan dalam konteks hal yang negatif seperti marah, benci ataupun jijik. Maka dari itu, orang yang telah mengalami emosi negatif cinderung tingkah lakunya tidak terkontrol. karena saat kita mengalami emosi yang negatif tentunya tingkah laku kita mulai berubah bahkan sulit untuk dikendalikan, seperti dapat munculnya tindakan marah berlebihan, mengurung diri, melukai diri sendiri atau orang lain, dan juga dapat mengganggu suasana hati sehingga membuat kita mudah merasa cemas bahkan stress.

Apa yg harus dilakukan untuk mengurangi emosi negative?

 

Meditasi, meditasi diperlukan untuk mengurangi rasa panik dan stress yang timbul karena emosi negative.

 

Berpikir secara tenang, aktivitas ini diperlukan agar emosi yang timbul dapat kita redam sehingga tidak mengganggu aktivitas yg lain.

 

Memaafkan diri, kita harus berpikir untuk memaafkan hal yg telah terjadi agar kita tidak terlalu memikirkan kesalahan yang telah kita lakukan dimasa lalu atau sekarang      .

 

Melakukan aktifitas produktif, agar emosi negative dapat diredam diperlukan hal-hal yang dapat mengurangi emosi negative, missal olahraga, mengerjakan sesuatu, mendengarkan music kesukaan, dan lain-lain.

 

Tetapi dari dampak diatas ada alasan bagus untuk setiap emosi dasar, baik positif maupun negatif:

1.       Kemarahan: untuk melawan masalah.

2.       Ketakutan: untuk melindungi kita dari bahaya.

3.       Antisipasi: melihat ke depan dan merencanakan.

4.       Kejutan: untuk fokus pada situasi baru.

5.       Kebahagiaan: untuk mengingatkan kita apa yang penting dalam hidup.

6.       Kesedihan: untuk menghubungkan kita dengan orang yang kita cintai.

7.       Kepercayaan: untuk terhubung dengan orang yang membantu.

8.       Jijik: untuk menolak apa yang tidak sehat.

 

Meskipun tidak menyenangkan, tidak dapat disangkal bahwa emosi negative dan positif memiliki tujuan penting dalam tujuan hidup kita.

 

Terima kasih sudah mau membaca artikel ini, have fun 🙂

 

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!