Growth mindset adalah pola pikir yang terbuka terhadap informasi. Setiap orang yang memiliki pola pikir ini akan selalu bersikap positif. Mereka mengerti bahwa kecerdasan merupakan hal yang dapat terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Mereka selalu merangkul tantangan dan melihatnya sebagai peluang pertumbuhan.

Oleh karena itu growth mindset sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah tips utama untuk mengembangkan growth mindset.

Fokus pada pengalaman bukan hanya hasil akhirnya

Nikmati semua pekerjaan yang kamu lakukan, jika yang kamu lakukan gagal ambil pengalamannya dan pelajari kesalahanmu agar tidak terulang kembali.

Akui Kekuranganmu

Jangan pernah kamu bersembunyi dari kekuranganmu, akui kekuranganmu dan gunakan kekuranganmu untuk berkembang.

Lihat tantangan sebagai peluang untuk pertumbuhan

Setiap kali kamu mencoba sesuatu yang baru, kamu akan belajar dan tumbuh. Jika kamu terus berjalan dengan siklus ‘lakukan, renungkan, pelajari, ulangi, renungkan, pelajari’ kamu akan meningkat setiap kali.

Rayakan pertumbuhan yang terjadi pada dirimu

Akui kemajuan kamu dan rayakan pertumbuhan kamu bersama orang lain. Melakukan hal ini akan mendorong kamu untuk terus maju.

Rayakan Kesuksesanmu

Selalu luangkan waktu untuk merayakan kesuksesan kamu. Jangan langsung beralih ke hal berikutnya tanpa mengakui kerja keras yang telah kamu lakukan.

Semoga bermanfaat 🙂

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!