life hacks

Atur ritme harian dengan hal baru

Hendry Yoga

Apakah kamu sudah bosan berada di rumah dan ingin sekali keluar? Ya.. sama.. saya juga..

Sudah jadi hal yang wajar, saat pertama kali mendengar work from home, kita akan membayangkan semuanya serba santuy. nyaman dan menyenangkan. Namun ternyata hal itu hanya bertahan 1 minggu. Selebihnya, perlahan-lahan kamu akan mulai bosan dan ingin sekali keluar rumah. Ada yang bilang "Jiwa Extrovertku bergejolak".

foto hanya itlustrasi

Pada minggu kedua saat tim saya menjalankan rapat pagi, ada yang bilang bahwa ternyata kerja di rumah itu tidak produktif, dan mulai bosan (Padahal sebelum masa pandemi dia pernah bilang bahwa saat bekerja dari rumah dia merasa lebih produktif) :))

Kenapa kita jadi merasa bosan, padahal harusnya kita excited?

 

Berdasarkan journal dari livescience.com, menurut Educational Psychology Review pada 2012 menunjukkan bahwa kebosanan adalah kombinasi antara kurangnya kegembiraan neurologis serta kondisi psikologis berupa ketidakpuasan, frustrasi atau ketidaktertarikan dan semua yang berhubungan dengan kurangnya stimulasi.

Kamu bosan karena merasa terkurung

Kamu bisa melakukan hal apapun di rumah, tapi saat kita tidak boleh keluar, ada satu sisi psikologi kita yang membuat merasa tidak nyaman sehingga timbul rasa ketidakbahagiaan.

Sisi psikologis kita sulit membedakan

Tidak hanya sebatas itu saja, bos Danton dulu pernah bilang dan menyarankan untuk tidak tidur di kantor. Alasannya simpel, sisi psikologis kita akan sulit membedakan antara bekerja dan kehidupan normal.

Kita akan cenderung overwork, atau hanya sekedar berselancar di depan komputer yang mana posisi nya sama saat bekerja. Hal ini yang memicu alarm tubuh kita untuk merasa bosan.

Mengatur ritme harian dengan hal baru

Secara teori, ritme ini disebut dengan ritme sikardian yaitu siklus tidur, suhu, pola makan, gelombang otak dll dan ini berpengaruh pada kualitas hidup.

Kita tidak akan membahas sikardian ini, tapi efeknya yaitu salah satunya kebosanan yang berhubungan dengan kualitas hidup. Cara yang mudah dilakukan agar tidak bosan adalah mencoba hal baru. Satu quote dari teman saya yang sangat mengena

Jika pandemi tidak membuatmu belajar hal baru. Itu bukan karena kamu tidak memiliki waktu untuk belajar, tapi memang kamu menyia-nyiakannya.

Biasanya, saya membutuhkan waktu 30 - 45 menit untuk sampai ke kantor dan selama work from home ini, berarti waktu itu akan kosong,


1. Jangan menggunakan extra waktu untuk menambah jam tidur

Kalau kamu melakukannya, maka tubuhmu akan menciptakan morfin yang membuatmu ketagihan.

Kamu bisa mencoba meregangkan otot dengan santai. Tidak perlu olah raga ngoyo seperti lari, basket atau sepak bola. Ingat, kamu di dalam rumah. Nanti ibumu marah..


2. Cobalah tetap mandi pagi

Setelah sedikit meregangkan ototmu dengan pemanasan, 10 push-up dan 25 sit-up. Minumlah air putih 2 gelas agar kamu tidak ngos ngosan.

Setelah itu, kamu bisa mandi. Kamu akan merasa segar dan bugar setelah mandi. DIJAMIN!!!


3. Cobalah hal baru saat ada sedikit waktu luang

Saat ada waktu luang, saya mulai menata tanaman. Lumayan, saya menumbuhkan kembali bawang pre dan kangkung. Saya juga mengganti pot beberapa tanaman hias di rumah.

Saat saya menemukan waktu cukup panjang misal akhir pekan, saya mulai mencoba mengecat perabot dapur sampai sampai saya mengecat bekas wadah susu yang akan digunakan untuk menanam.

Tidak hanya itu, saya juga belajar mengedit video, belajar analisa saham, dan juga belajar mining cryptocurrency.

Terakhir, saya juga nyobain resep dalgona coffe, dan ternyata GAGAL. Dan akhirnya saya tahu bahwa yang sukses itu pakai nescaf* bro.. Sempat nyari, ternyata dia langka juga sampai muncul di line today https://today.line.me/id/pc/article/Bukan+Masker+dan+Hand+Sanitizer+Kini+Nescafe+Sachet+Langka+Karena+Dalgona+Coffee-KM1vwa


WFH adalah moment mu untuk belajar banyak hal, bahkan untuk belajar lebih memahami keluargamu

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!