Beberapa minggu terakhir ini saya lagi suka dengan anime berbau sport (basket, baseball, balap sepeda). Dan dalam anime tersebut, ketika tokoh utama atau tim utama akan bertanding. para supporter atau rekan satu tim akan berteriak "GANBATE!!!" yang artinya lakukan yang terbaik tapi biasanya kalau subtitle inggris biasanya ditulis dengan good luck yang menurutku tidak cocok.

Kenapa? Contoh seperti saat kita akan menjalani ujian. Jika kita mengucapkan good luck bisa berarti bahwa semua skill dan juga knowledge yang kita punyai masih belum cukup, masih diperlukan keberuntungan untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam ujian tadi. Dan ketika tidak lulus dengan mudah kita bisa ngomong, "lagi ga bejo ae". Ini adalah salah satu ciri fixed mindset yang tidak baik.

Sedangkan jika kita mengucapkan mengucapkan lakukan yang terbaik, kita mendorong diri kita untuk mencoba yang terbaik, menyiratkan bahwa semakin keras kita mencoba, semakin baik hasil dan semakin besar kesuksesan yang kita dapatkan.

Bisa jadi kebiasaan mengucapkan "GANBATE!!!" ini yang membuat orang Jepang menjadi salah satu negara maju. Dan untuk memajukan diri kita dan juga meningkatkan pola pikir kita, bisa coba untuk mengucapkan "GANBATE!!!" pada diri kita sendiri.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!