Melihat kembali sharing session dari kak Bagia mengingatkan saya kepada salah satu idola saya, yaitu Linus Torvald. Buat yang belum tahu, Linus Torvald adalah orang yang menciptakan kernel Linux yang merupakan core dari sistem operasi Linux. Jadi bisa dibilang tanpa ada beliau maka mungkin Jagoan Hosting juga tidak ada.

Bagi developer kernel Linux pasti tidak asing dengan salah satu karakteristiknya, yaitu gampang marah dan bisa juga dibilang Linus ini adalah tukang bully. Kalau ada proses development yang ga beres, siap-siap aja si PIC bakal kena semprot.

Sangking seringnya beliau marah-marah, beberapa developer pun sampai protes. Hingga akhirnya pada tanggal 16 September 2018, Beliau cuti selama 1 bulan untuk mempelajari apa itu emosi manusia dan bagaimana merespon emosi tersebut.

Dan ketika Beliau selesai cuti, banyak yang kaget dengan perubahan sikapnya. Beliau jadi lebih bisa mengontrol emosinya. Mailing list yang biasanya seperti neraka tiba-tiba terasa sejuk.

Dari sharing session kak Bagia dan pengalaman Linus ini saya belajar bahwa sangat penting untuk mengontrol emosi khususnya ketika berkomunikasi dengan orang lain. Karena energi yang kita transfer akan berpengaruh ke orang lain.

Akhir kata keep calm and calm.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!