KonMari adalah sebuah metode berbenah atau beres-beres yang diperkenalkan oleh seorang wanita asal Jepang bernama Marie Kondo. Metode Konmari memfokuskan diri untuk menentukan barang mana yang ingin disimpan atau dibuang dengan joy atau kebahagiaan sebagai penentunya.

Pada umumnya metode ini diimplementasikan pada interior rumah, untuk merapihkan pakaian, buku, aksesoris, dll. Marie Kondo mengatakan bahwa membenahi ruangan bukan berarti ampuh untuk menenangkan pikiran yang resah. Sekali pun kegiatan beberes ini sangat bermanfaat, bisa jadi inti masalah yang menyebabkan pikiran kita resah belum ditangani dengan benar tapi malah teralihkan dengan kegiatan beres-beres. Karena, berbenah adalah sarana, bukan tujuan akhir. Namun dengan mulai berbenah, lembaran baru dalam hidupmu akan terbuka. Hasilnya, hidupmu perlahan akan ikut berubah. Tegasnya, semakin cepat kamu berbenah maka semakin cepat pula kamu menghadapi persoalan-persoalan yang sangat penting dalam hidupmu. Sejatinya, tujuan kita adalah merumuskan gaya hidup yang benar-benar kita inginkan saat rumah kita sudah rapi dan teratur. Berikut merupakan prinsip-prinsip dari metode KonMari:

  • Bulatkan tekad
  • Luangkan waktu khusus
  • Rapikan sekaligus, jangan sedikit-sedikit
  • Pilih berdasarkan kategori
  • Jangan menyimpan benda yang sama

Pada masa sekarang ini gadget merupakan suatu hal wajib untuk dibawa kemana-mana. Dengan home view saya yang berantakan seperti gambar di bawah ini saya kerap kali bingung dalam melihat gadget saya dan kerap kali kesulitan mencari suatu apps jika tidak menggunakan fitur search. Pada kesempatan sekarang ini saya akan mencoba mengimplementasikan Konmari pada gadget android saya.

Sebelum

Saya memilih aplikasi yang masih benar-benar saya butuhkan dan mengelompokkannya sesuai dengan kategorinya. Seperti misalnya ada beberapa aplikasi marketplace, saya hanya memilih 1 aplikasi yang masih benar-benar saya gunakan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15menit untuk meyakinkan diri bahwa aplikasi ini masih saya butuhkan dan aplikasi ini sudah tidak kemudian langsung menghapus(uninstall) aplikasi tersebut.

Sesudah

Berikut tampilan home view saya setelah berbenah. Terlihat lebih rapih dan tentunya setelah dikelompokkan sesuai kategorinya saya lebih mudah dalam mencari apps yang akan saya buka. Selain itu tentunya storage android saya lebih lega. Does it sparks joy? Tanyakan pada dirimu sendiri dan mulailah berbenah!

Referensi: hipwee.com

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!